Home / Tips Bisnis / Tips Bisnis Hewan Qurban Yang Banyak Melahirkan Kesuksesan

Tips Bisnis Hewan Qurban Yang Banyak Melahirkan Kesuksesan

Advertisement

Bagaimanapun, doa menyembelih qurban baru bisa terlaksana setelah kita membeli hewan untuk dijadikan qurban. Tentu saja hal itu terjadi bila ada yang menjual hewan qurban. Dan disinilah peluang usaha itu terbuka lebar. Umat islam di Indonesia begitu besar, semuanya ingin melaksanakan ibadah qurban tanpa terkecuali, sebagaimana hadist menjelaskan bahwa pada hari raya idul adha, tidak ada amal perbuatan yang paling dicintai oleh Allah SWt kecuali berkurban.

Salah satu cabang bisnis yang bisa kita tekuni adalah bisnis jual beli hewan qurban. Meski terkesan sebagai bisnis dadakan, atau bisnis yang kita tekuni hanya tepat pada hari raya idul adha saja tak jadi masalah. Yang terpenting kita serius dan bisa menjalankanya. Terlebih bila bisnis itu menghadirkan banyak keuntungan.

Tips Bisnis Hewan Qurban

Tips Bisnis Hewan Qurban Sukses

Nah untuk menjalankan bisnis hewan qurban agar sukses, ada beberapa rahasia yang bisa kita terapkan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pahami Aturan Jual Beli hewan Qurban

Ingat bahwa tidak semua hewan bisa dijadikan sebagai hewan qurban. Dan tidak semua hewan qurban layak dijadikan sebagai sesembelihan qurban. Di indonesia, hewan qurban umumnya hanya terdiri dari kambing, sapi dan kerbau. Jarang sekali ada yang menggunakan unta sebagai hewan qurban.

Lalu tidak semua sapi, kambing dan kerbau layak dijadikan sebagai hewan qurban. Ada standar dan ketentuan syariat agar hewan tersebut layak di qurbankan. Misalnya saja, kambing tersebut harus gemuk dan sehat alias tidak ada cacat sama sekali. Aturan ini harus kamu pahami agar kamu mudah menjual hewan qurban dan meminimalisir kerugian.

  1. Tentukan jenis Hewanya
Read More :  Bisnis Kain Flanel Cukup Untuk Memulai Usaha Modal 5 Juta

Setelah kamu mengetahui aturan hewan qurban yang bisa kamu qurbankan. Sekarang kamu harus tentukan jenis hewan apa yang akan kamu jual. Kamu bisa memilih antara sapi, kambing atau kerbau. Kamu pun bisa menyediakan semuanya. Tapi itu akan membutuhkan banyak modal. Untuk pilihan terbaiknya, kamu pilih saja kambing dan sapi. Sebab dua hewan ini memiliki harga yang relatif terjangkau dan banyak disukai masyarakat sebagai hewan qurban. Jadi nanti kamu tidak akan terlalu sulit dalam menjualnya.

  1. Tentukan Jenis Modalnya

Kalau sudah tentukan jenis hewanya, sekarang tentukan berapa modal yang akan kamu investasikan untuk beli hewan qurban. Sapi biasanya memiliki kisaran harga beli 15 juta rupiah. kamu cukup beli 3 sapi saja untuk mengisi kandang jualan kamu. lalu kambing biasanya memiliki harga kisaran 2 juga rupiah. cukup 5 kambing bisa jadi isi kandang kamu.

  1. Tentukan tempat Jual Belinya

Apapun pilihan hewan yang akan kamu jual, maisng-masing memiliki lokasi jual yang berbeda. Kalau kambing kamu bisa tempatkan di area  yang dekat dengan perumahan. Biasanya warganya sering beli kambing untuk qurban. Tapi kalau sapi dan kerbau, tidak perlu kamu buat kandang semi permanen dekat dengan konsumen. Lebih baik tetap tempatkan sapi di kandang kamu. lakukan saja cara nomor 5.

  1. Datangi Pembeli langsung

Cara nomor 5 atau yang terakhir adalah mendatangi pembeli secara langsung. Terutama untuk calon beli sapi dan kerbau. Hal ini karena biasanya pembeli sapi dan kerbau adalah mereka yang punya ekonomi kelas atas. jadi tidak ada salahnya jika mendatanginya secara langsung.

Read More :  3 Strategi Usaha Rental Film (Rental VCD/DVD)

Nah itulah beberapa tips sukses jual beli hewan qurban. Yang pasti jangan lupa berniatlah untuk mempermudah siapa saja yang ingin berkurban.

Advertisement

Check Also

Tips Bisnis Sewa Peralatan Fotografi

Banyaknya media sosial membuat banyak orang berlomba-lomba mengabadikan momen abadi mereka dan kemudian menggunggahnya di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *