Home » Peluang Usaha » Serba Serbi Mengenai Usaha Waralaba

Serba Serbi Mengenai Usaha Waralaba

Advertisement

Usaha waralaba atau juga disebut sebagai usaha franchise merupakan salah cara tepat dalam mengembangkan suatu usaha dengan baik. Suatu bisnis ataupun usaha ternyata dapat dikembangkan selain melalui franchise, misalnya saja melalui BO atau juga dengan peluang usaha lain dengan lisensi serta bisa juga dengan membuka cabang sendiri. Semua cara yang disebutkan tadi memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing masing.

Nah, untuk sekarang ini masih ada ada banyak masyarakat yang belum bisa membedakan mana bisnis yang berkembang dengan konsep franchise atau tidak.

Oleh sebab itu, sekarang ini banyak bermunculan bisnis franchise yang hanya memanfaatkan situasi tertentu, seperti hanya ingin mengambil biaya franchise dan juga royalti saja tanpa berniat memberikan support kepada mereka yang membeli waralaba. Yang lebih parah lagi terkadang usaha franchise yang dijalankan hanya berumur pendek saja, alias tak bisa bertahan lama.

Ada banyak sekali hal yang sering terjadi dan kita temui sekarang ini dalam dunia bisnis atau usaha waralaba, misalnya saja ada suatu bisnis yang baru dijalankan selama 1 tahun dan bahkan ada pula yang baru berjalan 3 bulan. Akan tetapi karena usaha tersebut semakin terkenal, maka banyak yang memintanya untuk dapat menjadi mitranya, sehingga mereka pun berani untuk langsung memberikan bisnis yang dibangunnya tersebut kepada pihak lain.

Advertisement


Baca Juga :

Tentu saja hal tersebut sangat disayangkan, mereka menyebut hal ini seperti menjual franchisenya. Menurut penilaian kasar yang dilakukan terlihat bahwa usahanya tersebut masih sangat jauh dari yang namanya usaha franchise. Apalagi si penjual waralaba hanya berniat untuk mengambil keuntungan semata, tapia ada niat untuk mengsupport.

Perlu kita ketahui bersama bahwa usaha franchise merupakan usaha waralaba yang sudah matang dan penuh dengan pengalaman serta telah benar-benar master di dalam bisnisnya. Menurut peraturan pemerintah no. 42 tahun 2007 pasal 3, tentang krikteria waralaba ada 6 hal, diantaranya adalah :

  1. Memiliki ciri khas usaha.
  2. Terbukti sudah memberikan keuntungan.
  3. Memiliki standar atas pelayanan dan barang dan/atau jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis.
  4. Mudah diajarkan dan diaplikasikan.
  5. Adanya dukungan yang berkesinambungan.
  6. Hak kekayaan intelektual yang telah terdaftar.

Sebagai contoh dari bisnis waralaba ini adalah beberapa usaha asing yang banyak kita jumpai di beberapa pusat perbelanjaan atau pun juga di beberapa mall di kota kota besar, mulai dari yang hanya menjual ayam goreng, burger, atau sejenis jasa mencuci baju hingga rental mobil. Beberapa contoh bisnis tersebut memang sudah cukup lama dijalankan dan sudah memiliki krikteria waralaba seperti yang dimaksud pada peraturan pemerintah no. 42 tahun 2007 pasal 3.

Nah, bagi Anda yang sedang mencara peluang usaha waralaba, hal demikian haruslah diperhatikan, agar usaha yang dijalankan berjalan dengan lancar, tanpa ada yang dirugikan. Masih banyak lagi ketentuan lain pada peraturan pemerintah no. 42 tahun 2007 yang berhubungan usaha waralaba. Silahkan dibaca dan dipelajari.

Ok, kita lanjut ke pembahasan berikutnya…

Serba Serbi Mengenai Usaha Waralaba

Langkah-Langkah Untuk Memulai Usaha Waralaba

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana kita membangun usaha franchise ini?

Ternyata untuk bisa membangun suatu usaha waralaba memang dibutuhkan beberapa persiapan yang cukup matang, sehingga nantinya usaha yang difranchisekan ini benar-benar merupakan usaha yang akan memberikan banyak keuntungan serta dapat bertahan dalam waktu yang lama. Berikut ini ada beberapa langkah mudah untuk mengetahui bagaimana kita harus memfranchise-kan usaha yang mulai kita bangun seperti:

  1. Langkah awal

Pada langkah awal ini, ada baiknya sebelum memfranchisekan usaha ini kita harus menentukan bisnis konsep dan juga bisnis model yang standar. Hal ini merupakan dasar penting di dalam proses mengembangkan suatu usaha dengan konsep franchise tersebut. Akan tetapi kita pun harus tetap melakukan evaluasi terhadap bisnis melalui cara bagaimana kita dapat membuat konsep bisnis dan juga model bisnis. Apabila model bisnis yang telah diterapkan menjadi standar dan seragam maka hal tersebut pun yang nantinya akan dimanfaatkan oleh mitra kita.

Next

Incoming Search Terms :

peluang usaha tahun 2007usaha yg bakal maju

Advertisement

About Ell Brandy KA

Lahir di Kranji, Singapura, besar di belitung. Memiliki passion yang tinggi untuk menemukan peluang usaha kreatif yang baru dan suka mencoba hal-hal yang unik. Sekarang mencoba menulis artikel peluang usaha .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *