Home / Peluang Usaha / Serba Serbi Mengenai Usaha Waralaba

Serba Serbi Mengenai Usaha Waralaba

Advertisement

Usaha waralaba atau juga disebut sebagai usaha franchise merupakan salah cara tepat dalam mengembangkan suatu usaha dengan baik. Suatu bisnis ataupun usaha ternyata dapat dikembangkan selain melalui franchise, misalnya saja melalui BO atau juga dengan peluang usaha lain dengan lisensi serta bisa juga dengan membuka cabang sendiri. Semua cara yang disebutkan tadi memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing masing.

Nah, untuk sekarang ini masih ada ada banyak masyarakat yang belum bisa membedakan mana bisnis yang berkembang dengan konsep franchise atau tidak.

Oleh sebab itu, sekarang ini banyak bermunculan bisnis franchise yang hanya memanfaatkan situasi tertentu, seperti hanya ingin mengambil biaya franchise dan juga royalti saja tanpa berniat memberikan support kepada mereka yang membeli waralaba. Yang lebih parah lagi terkadang usaha franchise yang dijalankan hanya berumur pendek saja, alias tak bisa bertahan lama.

Ada banyak sekali hal yang sering terjadi dan kita temui sekarang ini dalam dunia bisnis atau usaha waralaba, misalnya saja ada suatu bisnis yang baru dijalankan selama 1 tahun dan bahkan ada pula yang baru berjalan 3 bulan. Akan tetapi karena usaha tersebut semakin terkenal, maka banyak yang memintanya untuk dapat menjadi mitranya, sehingga mereka pun berani untuk langsung memberikan bisnis yang dibangunnya tersebut kepada pihak lain.

Tentu saja hal tersebut sangat disayangkan, mereka menyebut hal ini seperti menjual franchisenya. Menurut penilaian kasar yang dilakukan terlihat bahwa usahanya tersebut masih sangat jauh dari yang namanya usaha franchise. Apalagi si penjual waralaba hanya berniat untuk mengambil keuntungan semata, tapia ada niat untuk mengsupport.

Perlu kita ketahui bersama bahwa usaha franchise merupakan usaha waralaba yang sudah matang dan penuh dengan pengalaman serta telah benar-benar master di dalam bisnisnya. Menurut peraturan pemerintah no. 42 tahun 2007 pasal 3, tentang krikteria waralaba ada 6 hal, diantaranya adalah :

  1. Memiliki ciri khas usaha.
  2. Terbukti sudah memberikan keuntungan.
  3. Memiliki standar atas pelayanan dan barang dan/atau jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis.
  4. Mudah diajarkan dan diaplikasikan.
  5. Adanya dukungan yang berkesinambungan.
  6. Hak kekayaan intelektual yang telah terdaftar.

Sebagai contoh dari bisnis waralaba ini adalah beberapa usaha asing yang banyak kita jumpai di beberapa pusat perbelanjaan atau pun juga di beberapa mall di kota kota besar, mulai dari yang hanya menjual ayam goreng, burger, atau sejenis jasa mencuci baju hingga rental mobil. Beberapa contoh bisnis tersebut memang sudah cukup lama dijalankan dan sudah memiliki krikteria waralaba seperti yang dimaksud pada peraturan pemerintah no. 42 tahun 2007 pasal 3.

Nah, bagi Anda yang sedang mencara peluang usaha waralaba, hal demikian haruslah diperhatikan, agar usaha yang dijalankan berjalan dengan lancar, tanpa ada yang dirugikan. Masih banyak lagi ketentuan lain pada peraturan pemerintah no. 42 tahun 2007 yang berhubungan usaha waralaba. Silahkan dibaca dan dipelajari.

Read More :  5 Bisnis Populer yang Prospektif di Kawasan Wisata Gili Meno

Ok, kita lanjut ke pembahasan berikutnya…

Langkah-Langkah Untuk Memulai Usaha Waralaba

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana kita membangun usaha franchise ini?

Ternyata untuk bisa membangun suatu usaha waralaba memang dibutuhkan beberapa persiapan yang cukup matang, sehingga nantinya usaha yang difranchisekan ini benar-benar merupakan usaha yang akan memberikan banyak keuntungan serta dapat bertahan dalam waktu yang lama. Berikut ini ada beberapa langkah mudah untuk mengetahui bagaimana kita harus memfranchise-kan usaha yang mulai kita bangun seperti:

  1. Langkah awal

Pada langkah awal ini, ada baiknya sebelum memfranchisekan usaha ini kita harus menentukan bisnis konsep dan juga bisnis model yang standar. Hal ini merupakan dasar penting di dalam proses mengembangkan suatu usaha dengan konsep franchise tersebut.

Akan tetapi kita pun harus tetap melakukan evaluasi terhadap bisnis melalui cara bagaimana kita dapat membuat konsep bisnis dan juga model bisnis. Apabila model bisnis yang telah diterapkan menjadi standar dan seragam maka hal tersebut pun yang nantinya akan dimanfaatkan oleh mitra kita.

  1. Langkah kedua

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan suatu kajian franchisability. Dengan melakukan kajian ini maka nantinya kita dapat mengetahui apakah usaha waralaba yang kita jalankan ini layak atau tidak untuk tetap diteruskan dengan menggunakan konsep franchise, karena di dalam proses yang satu ini kita akan dapat mengetahui seberapa besar dan berapa lama pengembalian modal tersebut.

  1. Langkah ketiga

Langkah yang ketiga ialah dengan melakukan pembuatan dokumen franchise atau system development seperti halnya penyusunan SOP, pembuatan perjanjian franchise, serta beberapa dokumen pendukung lainnya.

  1. Langkah keempat

Langkah yang selanjutnya ialah melakukan persiapan pemasaran serta launching misalnya saja dengan mengikuti beberapa pameran yang diselenggarapan di dalam kota maupun luar kota, melakukan pemasangan iklan di media massa atau juga dengan membuat brosur, cara cara ini diyakini mampu memberikan daya tarik bagi calon mitra yang akan menjalin kerja sama.

  1. Langkah kelima

Langkah terakhir di dalam penyusunan usaha waralaba ini adalah dengan melakukan monitoring dan juga penyempurnaan.

Persiapan Menjalankan Usaha Waralaba

Nah, dengan melakukan kelima langkah mudah dalam menjalankan usaha franchise di atas, pastinya kita dapat menerapkan hal yang serupa ke dalam bisnis yang sedang dirintis. Dengan begitu, bisnis yang kita jalankan bisa berkembang dengan baik melalui konsep franchise.

Dan yang terpenting ialah apakah kita telah siap untuk mempersiapkan diri menjadi pemberi dalam usaha franchise ini atau disebut juga sebagai franchisor, karena pastinya akan ada banyak hal-hal yang tak terduga dan akan dengan mudah kita temukan pada saat menjalankan usaha.

Read More :  Tips Sukses Untuk Memulai Usaha Dari Bob Sadino

Di tengah peluang usaha waralaba yang semakin terbuka lebar tersebut kita pun juga harus siap dengan adanya beberapa masalah umum yang sering timbul dalam menjalankan bisnis ini. Contohnya saja seperti timbulnya perselisihan dengan mitra, baik itu mulai dari masalah yang sepele hingga masalah yang harus diselesaikan dengan cara serius.

Oleh sebab itu, dalam membangun usaha franchise ini, ada baiknya didampingi oleh konsultan franchise khusus yang telah berpengalaman. Selain itu, bisa juga mencoba mengikuti program training franchise yang ada dalam beberapa kesempatan. Dengan begitu kita pun dapat belajar mengenai hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam memfranchisekan suatu usaha.

Tips Membangun Bisnis Franchise Untuk Pemula

Khusus untuk para pemula banyak yang menganggap bahwa usaha waralaba ini terasa cukup sulit untuk dikembangkan dengan baik. Akan tetapi sebenarnya bisnis tersebut bisa dijalankan hanya dengan modal yang sedikit tetapi nantinya bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Usaha ini ternyata merupakan sangat cocok bila dijalankan oleh para pemula mengingat dengan kemudahannya bila dijalankan bersama-sama dengan mitra. Bahkan kita pun akan mendapatkan pelatihan bila sudah mulai menjalankannya. Berikut ini bisa disimak mengenai tips-tips yang bisa Anda jalankan seperti:

1. Pilihlah waralaba yang mudah dijalankan

Hal pertama yang harus dan wajib Anda lakukan adalah mencari usaha franchise yang mudah digeluti. Sebagai seorang pemula maka memulai suatu hal ini memang harus dimulai dari hal yang mudah terlebih dahulu dan setelah itu baru bisa menjalankan hal yang lebih rumit. Pastikan pula bahwa usaha franchise yang dijalankan tersebut tak menyita waktu maupun pikiran. Serta pastikan bahwa cukup mudah untuk menjalankannya.

2. Pilih waralaba dengan harga produk terjangkau

Ternyata faktor harga merupakan faktor yang cukup penting di dalam suatu bisnis. Harga yang cenderung terjangkau ini bila diimbangi dengan kualitas yang prima maka tentunya akan menjadi primadona di mata konsumen. Nah, bila Anda ingin menjalankan usaha franchise maka pilih yang harga produknya terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.

3. Pilih waralaba yang banyak dicari oleh para konsumen

Jika suatu barang atau produk disenangi oleh banyak orang maka sudah pasti hal ini cukup baik untuk berbisnis. Usaha franchise yang paling sering dicari konsumen akhir akhir ini adalah usaha kuliner. Hampir di setiap sudut kota dapat dengan mudah kita temui usaha jenis ini. Nah, untuk dapat mengetahui apakah usaha franchise ini dicari oleh konsumen oleh tidak maka kita pun sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu secara langsung sebelum memutuskan untuk menjalankannya.

Read More :  Peluang Bisnis Properti Dengan Modal Kecil & Tipsnya

4. Pilih waralaba dengan pelayanan yang terbukti baik dan disukai oleh banyak orang

Bila bergabung dengan merek dagang maka kita pun harus pintar dalam memilih waralaba tersebut. Pastikan ia memiliki pelayanan yang prima seperti halnya menyediakan garansi produk ataupun barang, terdapat pelatihan atau kursus, dan lain sebagainya yang berkaitan erat dengan usaha yang ingin Anda jalankan.

5. Pilihlah waralaba yang dekat dengan rumah Anda

Sebagai seorang pemula alangkah lebih baik bila bergabung dengan usaha waralaba yang dekat dengan rumah Anda paling tidak masih dalam satu kota atau satu kabupaten. Hal ini ternyata akan mempermudah kita untuk dapat memperoleh informasi mengenai usaha tersebut. Selain itu, bila lokasinya dekat maka sudah pasti akan lebih mudah untuk dijalankan.

Memulai usaha waralaba ini memang dibutuhkan kesiapan fisik maupun mental. Diperlukan juga perencanaan yang matang sebelum akhirnya benar-benar memutuskan untuk dapat terjun ke dalam usaha franchise.

Jangan ragu untuk memulainya sekarang juga, karena terkadang kesempatan tak akan datang untuk kedua kalinya dan kita pun harus mampu memanfaatkannya dengan baik. Untuk Anda yang belum memiliki pengalaman sama sekali di dalam berbisnis maka jangan takut untuk mulai membangun usaha tersebut.

Mungkin yang masih menjadi pertanyaan di benak Anda adalah mengapa harus usaha franchise?

Hal ini dikarenakan skema usaha yang satu ini terbukti dapat dan sangat membantu Anda di dalam menjalankan suatu usaha. Salah satu keuntungannya adalah kita tak perlu memulai usaha ini mulai dari awal atau dari bawah.

Anda pun cukup dengan mengikuti sistem yang telah ada. Selain itu, Anda juga akan dipandu untuk dapat menjalankan usaha franchise ini dengan baik sehingga hal hal ini akan sangat membantu Anda di dalam membangun suatu usaha.

Usaha Waralaba Dengan Keuntungan Maksimal

Dari usalan singkat di atas dapat kita ketahui bahwa sebenarnya ada banyak peluang bisnis waralaba yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan dan berbagai pertimbangan yang ada. Salah satunya yang mungkin akan Anda jalankan di dalam usaha waralaba ini adalah usaha makanan, karena usaha yang satu ini bila dijalankan dengan modal awal yang sedikit maka tetap dapat dijalankan dengan baik asalkan konsisten serta bersungguh-sungguh.

Di dalam segmen peluang usaha franchise makanan biasanya seorang pelaku bisnis akan lebih mudah untuk menjalankannya. Buktikan sekarang juga dan raih keuntungan yang sebanyak banyaknya dari usaha yang Anda rintis tersebut. Selamat mencoba!!!

Advertisement

Check Also

Peluang Usaha Di Tahun 2017 Yang Menjanjikan Untuk Dijalankan

Sangat banyak peluang usaha 2017 yang memiliki potensi menarik untuk dijalankan. Meskipun sebenarnya tidak ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *