Home / Peluang Usaha / Pertimbangkan Dulu Sebelum Usaha Peternakan Sapi Perah

Pertimbangkan Dulu Sebelum Usaha Peternakan Sapi Perah

Advertisement

Menjalankan usaha dibidang peternakan memang menjanjikan prospek menggiurkan. Tetapi untuk menjalankan usaha ternak sapi membutuhkan modal yang besar. Berbicara tentang sapi, begitu banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari sapi, dimulai dari dagingnya, susu sapi, hingga kulitnya.

Nah, pada artikel ini, kami hanya membahas tentang usaha ternak sapi perah saja. Bagaimana? Anda tertarik dengan usaha peternakan sapi perah? Kalau melihat keuntungan yang dijanjikan dari meningkatnya harga susu, mungkin anda akan tergiur. Siapa yang tidak ingin punya penghasilan tambahan dari menjual susu bila harga susu kian hari kian naik?

Tapi tinggu dulu! Sebelum memulai usaha peternakan sapi, anda harus tahu dulu apa saja persiapan dan bagaimana teknik berternak sapi dengan benar. Jangan sampai susu yang dihasilkan dari sapi anda tidak maksimal. Silahkan dibaca lebih lanjut.

Pertimbangan Sebelum Memulai Usaha Peternakan Sapi Perah

Jangan terburu-buru untuk tergiur pada keuntungan yang besar. Sebenarnya ada hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis ini. Apa saja pertimbangannya?

1. Modal yang cukup besar

Untuk satu ekor sapi saja, anda harus mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah. Bayangkan kalau anda punya lima atau sepuluh sapi. Pasti uang yang harus anda keluarkan sangat besar juga. Belum lagi, anda harus memikirkan soal kandang. Biaya pembuatan kandang juga relatif tinggi. Jadi siapkan modal yang banyak dulu sebelum memulai bisnis ini.

Read More :  2 Jenis Peluang Usaha di Bandung Paling Prospektif

2. Perlu lahan yang luas

Inilah permasalahan yang harus anda pecahkan sebelum anda membeli sapi perahnya.Anda sudah siap dengan lahan yang luas?

Kalau sudah, silahkan anda beli sapinya. Tapi kalau belum, sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu tentang lokasinya.

3. Perlu air banyak untuk membersihkan sapi dan kandangnya

Air sangat penting bagi kesehatan sapi. Kalau kandang tidak bersih, resiko sapi terkena berbagai macam penyakit juga tinggi. Jadi silahkan anda ceck dulu apakah air untuk membersihkan sapi dan kandangnya itu cukup memadai atau belum.

4. Penampungan susu

Susu hasil perasan tidak bisa bertahan lama. Jadi anda sudah harus punya calon pembeli setiap hari. Bila tidak, susu akan menjadi basi dan harus dibuang. Jadi sebelum memulai bisnis ini, silahkan anda amati dulu pasar dimana anda akan menjual susunya.

Masih tertarik dengan usaha sapi perah setelah tahu banyak hal tentang repotnya? Nah, usaha peternakan sapi perah perlu dipertimbangkan lagi kalau anda tak ingin ambil resiko yang terlalu besar. Salam sukses selalu.. ***

Advertisement

Check Also

Peluang Usaha Di Tahun 2017 Yang Menjanjikan Untuk Dijalankan

Sangat banyak peluang usaha 2017 yang memiliki potensi menarik untuk dijalankan. Meskipun sebenarnya tidak ada …

One comment

  1. Analisa yang bagus buat memulai usaha peternakan sapi perah, berbagai pertimbangan yang harus diperhitungkan juga supaya bs ambil resiko yang mungkin bs terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *