Home / Bisnis Sampingan / Perkiraan Modal Usaha Ternak Ayam Kampung

Perkiraan Modal Usaha Ternak Ayam Kampung

Advertisement

Terjun kedunia usaha dengan memulai usaha di bidang ternak akan lebih mengasyikan, apalagi kita suka dengan berternak. Peluang usaha ternak, khususnya usaha ternak ayam kampung mempunyai peluang yang sangat bagus dan terbuka lebar, karena kebutuhan akan daging dan telur ayam kampung sangat tinggi.

Ada sebagian yang bilang ternak ayam kampung tidak cocok untuk dijadikan bisnis. Dengan berbagai alasan, seperti masa pertumbuhan yang relative lama dan yang lainnya.

Betul,,, tetapi mungkin itu dahulu. Menurut kami itu alasan itu tidak lagi tepat untuk zaman sekarang yang serba cepat, yang serba instan, karena zaman sekarang masa pertumbuhan ayam kampung dapat lebih cepat dengan menggunakan metode yang sudah bagus.

Melirik Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Nah, sebelum anda benar-benar memulai usaha ternak ayam kampung, sebaiknya anda harus tentukan dahulu tujuan usaha anda, target pasar anda. Saran kami sesuaikan usaha anda dengan permintaan pasar.

Contohnya jika permintaan pasar banyak membutuhkan telur ayam kampung, maka sebaiknya anda harus membuat ternak ayam kampung petelur. Atau yang lainnya, permintaan daging ayam kampung. Dengan tujuan agar usaha anda tetap lancar dan pemasarannya pun mudah.

Seperti yang sudah kami bahas diatas, masa pertumbuhan ayam kampung bisa lebih cepat dari biasanya dengan menggunakan metode perkawinan silang antara ayam kampung yang super dengan ayam petelur dengan tambahan vitamin tentunya dan cara ini dinilai sangat bagus.

Read More :  Peluang Usaha Jual Sepatu Di Kehidupan Modern

Selain itu sebelum memulai usaha ternak ayam kampung sebaiknya anda harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah manajemen dan tata kelola yang benar, agar berhasil dalam membudidaya ayam kampung. Faktor lain yang berpengaruh dalam penentu keberhasilan pembudidayaan ayam kampung secara intensif adalah :

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit sangat diperlukan dalam usaha ternak ayam kampung. Dengan ciri-ciri bibit yang bagus adalah berdiri tegap, tidak cacat dan sehat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu mengkilap dan bersih.

Jika tujuan pemeliharaan ayam kampung untuk diambil dagingnya, maka sebaiknya pilihlah bibit ayam dari keturunan ayam yang tubuhnya besar dan pertumbuhan cepat. Selain itu waktu penetasan bibit harus tepat waktu yaitu 21 hari, jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lambat.

2. Masalah Pakan

Pemberian pakan ayam kampung untuk di ambil dagingnya sangat mudah dibandingkan dengan ayam petelur, broiler dan yang lainnya.

Bahan pakan yang dibutuhkan adalah konsentrat, dedak dan jagung. Yang penting yang harus diperhatikan adalah kebutuhan nutrisi untuk ayam, yaitu protein (PK) sebesar 12% dan energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg. Selain itu jumlah pakan yang diberikan harus disesuaikan dengan usia ayam itu sendiri, seperti berikut ini :

Selain memperhatikan bibit ayam kampung dan masalah pakan anda juga harus memperhatikan jenis kandang dan permasalahan penyakit. Untuk itu perhatikan kebersihan dan beri vitamin vaksin yang cukup.

Perkiran Modal Usaha Ternak Ayam

Silahkan perhatikan analisa modal usaha ternak ayam kampung berikut ini :

Bibit => Rp 4.000,- x 100 ekor Rp. 400.000
Pakan => 0 s/d panen (60 hari) 4 sak Rp. 250.000 x 4 sak = Rp. 1.000.000
Vitamin + Vaksin Rp 100.000
Total Rp. 1.404.000

Ket : Harga silahkan sesuaikan dengan harga setempat dan ini belum termasuk biaya kandang dan peralatan lainnya, seperti tempat minum dan yang lain.

Nah itulah perkiraan modal usaha ternak ayam kampung. Menurut kami peluang usaha ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di desa. Usaha ini tentunya bisa dijalankan oleh siapapun, termasuk juga bagi karyawan, pns yang ingin menambah penghasilan.

Advertisement

Check Also

Contoh Usaha Modal Kecil Yang Bisa Kita Mulai

Memulai bisnis dan usaha bisa jadi solusi bagi yang belum dapat pekerjaan. Anak muda pun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *