Home / Peluang Usaha / Peluang Usaha Peternakan Unggas Yang Menggiurkan

Peluang Usaha Peternakan Unggas Yang Menggiurkan

Advertisement

Peluang Usaha Peternakan – Jika anda mempunyai jiwa pebisnis, anda pasti mampu mengenali berbagai peluang bisnis disekitar anda. Peluang usaha ternak unggas adalah peluang usaha peternakan yang menggiurkan saat ini.

Bayangkan saja, sekarang sudah banyak restoran atau warung makanan yang menjadikan unggas sebagai menu istimewa. Untuk pemasaran anda bisa menyetornya ke restoran-restoran atau warung makan disekitar anda yang membutuhkan. Selain itu, jika anda mampu untuk mengepak sesuai standar, anda akan dapat menjualnya di mall-mall di kota besar. Sebelum menjalankan usaha ternak unggas, sebaiknya anda perhatikan kiat-kiat usaha dibawah ini.

Analisa Peluang Usaha Peternakan Unggas

Sebenarnya begitu banyak peluang usaha peternakan yang bisa kita jalankan, namun usaha ternak unggas menurut kami mempunyai prospek sangat bagus. Sebelum anda memulai usaha ternak unggas, anda harus menyiapkan diri. Terutama dalam hal pemahaman tentang usaha ternak unggas ini. Berikut ini beberapa kiat-kiat sukses dalam menjalankan usaha peternakan yang bisa anda lakukan untuk beternak unggas :

1. Siapkan Kandang Sesuai Kebutuhan

Menyiapkan kandang sesuai kebutuhan adalah hal utama yang harus anda kerjakan, karena kandang yang sesuai untuk ukuran unggas yang anda pelihara adalah hal penting. Jika anda ingin beternak unggas dari kecil.

Anda bisa menyiapkan kandang kecil, disertai kandang besar yang nantinya bisa menjadi tempat unggas yang telah dewasa. Jika anda ingin mengembangbiakannya sendiri, sebaiknya sediakan kandang khusus untuk unggas betina bertelur dan mengerami telur-telurnya.

2. Siapkan Pakan Yang Hemat

Pakan yang hemat yang dimaksud disini adalah campuran dari pakan pembelian dan pakan yang lain dari sisa dapur atau sisa panen. Minsalnya untuk pakan ayam, anda bisa mencampur katul dengan jagung atau pakan lain. Selain sebagai kelengkapan gizi, ini juga akan membuat anda lebih berhemat.

3. Belilah Mesin Penetas Telur

Mesin penetas telur adalah alat yang harus anda beli agar usaha ternak unggas anda semakin meningkat. Penetasan dengan cara tradisional akan memakan waktu yang sangat lama. Dengan membeli mesin penetas telur, anda akan mampu memproduksi lebih banyak ayam dan keuntungan anda pun semakin meningkat.

Saat ini, banyak sekali mesin yang beredar di pasaran yang memiliki kualitas bagus dengan harga terjamin. Anda tidak akan mengalami kerugian dengan membeli mesin ini.

4. Tata Laksana

Dalam usaha ini anda harus membuat jadwal rutin yang harus anda jalani, tujuanya adalah agar usaha yang anda bejalan dengan baik.

5. Pemasaran Hasil Ternak

Pemasaran hasil ternak merupakan hal terpenting, untuk pemula anda bisa memasarkan hasil ternak anda pada restoran, warung tenda disekitar anda, dengan berjalanya waktu anda bisa memperlebar pemasaran lebih luas lagi, seperti melakukan promosi dll.

Langkah Sukses Usaha Ternak Unggas

  1. Perawatan Bibit Unggas. Untuk bibit yang baru tiba tempatkan pada kandang indukan (brooder). Perhatikan temperature brooder, tempat pakan dan tempat minum. Untuk minuman tambahkan vitamin/mineral. Sebaiknya tanggani secara teknis bibit unggas yang baru tiba dari tempat pembibitan agar tidak salah rawat.
  2. Perawatan Calon Induk. Ada dua macam calon induk unggas, yaitu : Induk untuk produksi telur tetas dan Induk untuk produksi telur Konsumsi. Kontrol terus kesehatan unggas, agar tehindar dari penyakit dengan cara menjaga kebersihan kandang dan pakan. Ternak unggas yang dipelihara harus benar-benar merupakan ternak unggul yang telah diuji keunggulannya dalam memproduksi hasil ternak yang diharapkan.

Pemberian Minuman Pada Unggas, Berdasarkan Pada Umur :

  1. Umur 0-7 hari, 3 hari pertama air minum ditambah vitamin dan mineral
  2. Umur 7-28 hari, Letakan tempat minuman dipinggir kandang dan beri turus-menerus air secara rutin.
  3. Umur 28 hari, Tempatkan air minuman pada tempat yang berukur 2m X 15 cm dengan tinggi 100 cm.
  4. Jangan lupa jaga terus kebersihan tempat minum.

Pemberian Pakan :

Pemberian pakan unggas tersebut dalam tiga fase, yaitu :

  1. Fase Stater (Umur 0–8 Minggu).
  2. Fase Grower (Umur 8–18 Minggu).
  3. Fase Layar (Umur 18–27 Minggu).

Persiapan Sarana dan Peralatan :

  1. Persyaratan temperatur kandang ± 39 ° C.
  2. Kelembaban kandang berkisar antara 60-65%
  3. Penerangan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang.

Itulah beberapa kiat yang bisa anda lakukan untuk memulai usaha ternak unggas. Selalu berikan vaksin dengan teratur sehingga unggas anda bebas dari penyakit. Permintaan akan unggas saat ini meningkat dengan cepat sehingga anda dapat memasarkan unggas anda dengan mudah.

Read More :  Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil
Advertisement

Check Also

Peluang Usaha Di Tahun 2017 Yang Menjanjikan Untuk Dijalankan

Sangat banyak peluang usaha 2017 yang memiliki potensi menarik untuk dijalankan. Meskipun sebenarnya tidak ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *