Home / Usaha Rumahan / Peluang Usaha Membuka Tempat Penitipan Anak & Analisa Biaya

Peluang Usaha Membuka Tempat Penitipan Anak & Analisa Biaya

Advertisement

Berbicara tentang usaha, pastinya sangat banyak pilihan usaha yang bisa dijalankan. Kita bisa memilih usaha sesuai hobi, atau sesuai talenta. Di dalam dunia usaha itu, kita harus pintar-pintar dalam melihat peluang usaha tersebut dengan prospek bagus kedepannya. Seperti peluang usaha yang satu ini, yaitu usaha penitipan anak. Setiap bulan, bahkan setiap hari ada bayi yang lahir.

Artinya apa? Semakin banyak bayi yang lahir semakin besar peluang kita untuk berhasil.

Dan belum lagi, rata-rata para ibu rumah tangga punya kesibukkan setiap harinya, dimulai dari pekerja kantor, atau kesibukkan yang lainnya. Berarti waktu orangtua berkurang untuk mengurus anaknya pada jam-jam tertentu, terutama pada pagi hari.

Nah, kesempatan ini merupakan peluang usaha yang cukup menggiurkan untuk kita jalankan, yaitu dengan membuka usaha tempat penitipan anak.

Melirik Keuntungan Peluang Usaha Tempat Penitipan Anak

Usaha tempat penitipan anak ini cukup menggiurkan untuk dijalankan, karena banyak sekali keuntungannya. Diantaranya adalah pengelolahan usaha ini sangat mudah, yang kita perlukan hanya tempat, manajamen yang bagus dan beberapa baby sitter yang jujur dan bisa dipercaya.

Target konsumen kita adalah pengguna sebagian besar orangtua yang sibuk atau kurang mempunyai waktu cukup pada jam-jam tertentu untuk mengasuh anak mereka.

Bagaimana memulai usaha tempat penitipan anak ini?

Modal utama kita adalah tempat, tidak dengan tempat yang luas. Kira 9 x 5 meter itu sudah cukup, namun lebih besar lebih baik. Tempat itu sebagian besar kita gunakan untuk tempat tidur anak dan arena bermain. Kita juga harus menyiapkan minimal dua baby sitter untuk merawat dan menjaga anak-anak tersebut.

Semakin banyak baby sitter maka semakin baik. Hambatan yang ada kemungkinan besar adalah mencari pengguna jasa penitipan anak kita. Karena kita harus mempunyai relasi yang cukup luas dan pada awalnya akan kesulitan menumbuhkan kepercayaan calon pengguna jasa penitipan anak kita.

Kunci Sukses Menjalankan Usaha Jasa Penitipan Anak

Agar usaha kita berjalan dengan baik, maka kita harus mempersiapkan beberapa hal. Ini merupakan kunci sukses dalam menjalankan usaha tempat penitipan anak ini, diataranya :

1. Manjemen Yang Baik

Tidak mungkin suatu usaha itu bisa berjalan dengan baik jika suatu usaha itu tidak di atur dengan baik. Manajeman yang baik diantaranya adalah kesejahteraan karyawan, mengatur keuangan dengan baik dan lain-lain.

2. Lengkapi Tempat Bermain

Anak-anak akan lebih tertarik dan betah untuk datang ketempat kita jika permainan yang disediakan banyak.

3. Izin Usaha

Izin usaha merupakan hal yang penting karena tangung jawab kita sagat besar yaitu menjaga anak orang. Jadi, hampir semua orangtua ingin anaknya betul-betul dititipkan pada tempat yang terpercaya.

4. Keamanan

Ini merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalankan usaha penitipan anak ini. Kita harus membuat keaman yang baik, dengan berbagai prosedur. Seperti, melarang orang lain masuk kedalam ruangan penitipan anak kecuali karyawan. Tujuannya adalah untuk mengatasi hal-hal yang tak diinginkan.

5. Promosi

Selain beberapa hal diatas, terakhir yang harus kita lakukan adalah promosi. Kita bisa memulai promosi dengan memanfaatkan relasi kita, teman-teman kita sesama karyawan (jika kita seorang karyawan), kenalan, keluarga, bahkan tetangga untuk mengimformasikan usaha kita dar mulut ke mulut.

Akan semakin baik lagi bila kita berani masuk ke kantor-kantor dan menawarkan kerjasama dengan perusahaan tersebut, yang tentu saja ada diskon khusus bagi mereka. Selain itu kita bisa mempromosikan usaha tempat penitipan anak ini melalui media masa local.

Analisa BEP, BiayaTempat Penitipan Anak & Prospek Keuntungannya

Investasi Awal*
  Pembalian Mainan & Tempat Tidur Rp. 5.000.000,-
Biaya Operasional
  Baby Sitter 2 Orang Rp. 1.8.00.000,-
  Listrik Rp. 75.000,-
  Telpon Rp. 100.000,-
  Total Pengeluaran Rp. 1.9.75.000,-
Pendapatan
  Estimasi 10 Anak, 1 x Rp. 500.000 Per Bulan Rp. 5.000.000,-
  Kuntungan Perbulan Rp. 3.025.000,-
BEP 1,6 Bulan

Catatan : * Analisa biaya tempat penitipan anak ini diluar biaya sewa ruangan dan hanya untuk jasa penitipan anak skala kecil.

Nah, itulah salah satu peluang usaha yang cukup menggiurkan yang bisa anda jalankan. Usaha tempat penitipan anak kita akan berkembang pesat jika manajemennya bagus & jangan lupa untuk mensejahterakan karyawan, karena karyawan merupakan sosok berpengaruh besar dalam kesuksesan usaha kita.

Read More :  3 Bisnis Mudah Dengan Modal Investasi Rumah
Advertisement

Check Also

Ide Usaha Rumahan Dan Tips Penting Agar Usaha Berjalan Sukses

Bagaimana cara agar usaha rumahan bisa berjalan sukses? Pasti banyak dari anda yang mencari jawabannya. …

7 comments

  1. Wah, boleh juga ide usahanya ni pak. Saya kebetulan seorang karyawan kantoran, kayaknya cocok banget usaha ini buat saya.. Terima kasihnya informasinya…

  2. Ide Usaha Yang Bagus Bos, Tapi Tempatnya Kurang Mendukung Bos.

  3. Susi Retnoharyanti

    Wah betul jg pak kebetulan saya punya paud yg gedungnya 2 lantai tp sy blm berani buka tmpt penitipan saya fikir jasa baby sitter itu mahal.

  4. info yang bagian izin usahanya ga jelas sekali. harusnya di infokan donk perlu izin usaha bagaimana kalau mau buka TPA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *