Home / Peluang Usaha / Peluang Usaha Kreatif Paling Cocok Untuk Mahasiswa

Peluang Usaha Kreatif Paling Cocok Untuk Mahasiswa

Cukup banyak para mahasiswa yang ingin terjun keduni usaha atau hanya sekedar untuk belajar menjadi seorang pengusaha. Diantara mereka sering kali mencari ide usaha yang kreatif untuk dijalankan.

Sebanarnya sangat banyak peluang usaha yang bisa, asal mau berusaha keras dan tidak mudah menyerah, banyak sekali jenis usaha kreatif yang sangat cocok dijalankan mahasiswa.

Karena yang namanya usaha itu, modal yang dibutuhkan tidak hanya berupa dana segar saja namun juga kreasi dan inovasi. Berikut ini ada dua contoh jenis usaha kreatif yang memiliki peluang besar untuk dirintis dan dibangun.

Advertisement


2 Contoh Usaha Kreatif Untuk Mahasiswa

1. Bisnis produk daur ulang

Bisnis daur ulang adalah usaha kreatif yang wujud produknya bukan berbentuk barang bekas. Jadi misalnya, pakaian yang sudah tidak layak pakai tidak dijual lagi meskipun dengan harga yang lebih murah.

Prinsip usaha kreatif bukan seperti itu. Pakaian bekas tersebut diolah lagi, sehingga menjadi produk baru yang lebih menarik serta memiliki nilai jual tinggi. Contohnya dibuat kerajinan dompet, lampu hias dan sebagainya. Selain itu masih banyak gagasan lain yang bisa dijadikan peluang usaha kreatif dan inovatif.

Peluang usaha kreatif seperti ini tidak perlu modal besar. Hampir semua mahasiswa pastinya memiliki ide yang lebih unik serta mudah diaplikasikan. Selain itu banyak yang suka dengan produk daur ulang karena dianggap ramah lingkungan.

Read More  Peluang Bisnis Menggiurkan Ini Cocok Untuk Mahasiswa Semester Akhir

Peluang Usaha Kreatif Untuk Mahasiswa

2. Bisnis produk barang etnik

Selain produk daur ulang, banyak masyarakat yang juga sangat tertarik dengan bendan atau barang bernuansa etnik. Sebagian besar berbentuk hiasan rumah atau aksesoris tubuh seperti gelang, kalung, anting dan sebagainya. Atau bisa berupa pula tas, sepatu, kaos dan sandal.

Dalam kehidupan yang serba modern, kadangkala orang justru akan merasa rindu memakai barang yang bersifat tradisional, namun dikemas dalam desain dan gaya masa kini. Pola pikir atas kebutuhan inilah yang menjadi dasar guna mengembangkan usaha kreatif berbasis etnik.

Pada umumnya, produk usaha kreatif barang etnik hanya membutuhkan bahan yang mudah ditemukan dengan harga murah. Tapi setelah dikreasi dalam berbagai bentuk dan wujud, bisa menjelma jadi produk yang mempunyai nilai seni tinggi. Selanjutnya produk usaha kreatif ini dapat dijual dengan harga mahal.

Produk usaha kreatif baik dalam bentuk daur ulang maupun barang etnik, semuanya memiliki pangsa pasar luas. Bahkan ada yang dapat diekspor sehingga mendatangkan keuntungan lebih besar lagi.

Kunci keberhasilan dari usaha kreatif adalah inovasi serta keberanian membuat produk baru dengan desain yang lebih unik dan menarik. Selamat berbisnis dan berkreasi.

Check Also

Bisnis Seminar Parenting Untuk Para Calon Ibu Rumah Tangga

Saat ini, banyak sekali berbagai bisnis yang menjanjikan tanpa dengan mengeluarkan modal yang besar. Dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *