Home / Peluang Usaha / Peluang Bisnis Apotek Mini Atau Toko Obat

Peluang Bisnis Apotek Mini Atau Toko Obat

Advertisement

Memulai usaha atau yang sering juga disebut dengan bisnis tidak harus dimulai dari hal yang besar. Apalagi kita tidak mempunyai modal yang cukup besar. Ada beberapa hal kekurangan jika kita tidak memulai bisnis dari bawah.

Pertama kita tidak merasakan perjuangan pahit. Kedua, biasanya kita akan kurang bersyukur jika mendapat penghasilan kecil, sebab tidak merasakan dari penghasilan yang kecil. Namun, itu semua tergantung kepada kita yang menjalankan.

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang peluang bisnis apotek atau toko obat. Baik itu apotek mini atau toko obat. Mengapa kami mengangkat informasi tentang peluang bisnis opotek atau toko obat? Ada beberapa alasan, pertama bisnis ini cukup menggiurkan karena besarnya keuntungan yang didapatkan. Kedua menurut kami bisnis apotek atau toko obat ini mudah untuk dijalankan dan prospeknya sangat bagus.

Mungkin sebagian orang berkata, berbisnis dengan membuka apotek itu susah. Kita kan harus mempunyai keahlian dalam obat-obatan, harus mengeluarkan modal besar, belum lagi izinnya.. Menurut kami semua itu bisa diatasi jika kita ada kemauan.

Saya berbicara seperti ini, karena saya sudah melihat dan mengalami sendiri. Sebab keluarga saya sudah lama bergelut dibidang ini. Sedangkan latar belakang pendidikan hanya tamatan SMK. Beliau lahir dari keluarga biasa-biasa saja. Dengan modal awal 20 jutaan dan diiringi dengan kerja keras, sekarang sudah sukses dengan membuka apotek dengan nama Apotek Zaky Farma. Pada awalnya beliau hanya membuka toko obat.

Read More :  Serba Serbi Mengenai Usaha Waralaba

Melirik Manisnya Peluang Bisnis Apotek Mini Atau Toko Obat

Kita semua sudah tahu, kebutuhan akan obat pasti sangat banyak, sangat tinggi. Kebanyakan masyarakat pasti memilih membeli obat di apotek. Terkadang mereka hanya melakukan cek up, mengambil resep dan membeli obat di apotek atau toko obat, karena harga jual obat di apotek jauh lebih murah dari pada di rumah sakit atau di tempat praktek dokter.

Belum lagi jika kita bisa melakukan kerja sama dengan sejumlah dokter, dan berbagai perusahaan farmasi lainnya.

Jika anda tidak mempunyai keahlian di dalam bidang obat-obatan atau farmasi, dan kekurangan modal, anda bisa mencari bisnis waralaba/franchise apotek atau toko obat yang sudah besar. Biasanya mereka akan membantu dan membimbing anda dalam menjalankan usaha tersebut dengan syarat membeli obat dengan toko apotek yang bersangkutan.

Selain anda mendapatkan ilmu, anda juga bisa terjun kedalam bisnis ini. Langkah apa yang harus dipersiapan? Ok. Silahkan perhatikan penjelasan berikut ini :

Persiapan Awal :

  1. Mengetahui dan memahami tentang farmasi atau obat-obatan. Jika tidak mempunyai pengetahuan tentang obat obatan dan anda bisa memanfaatkan mahasiswa tamatan bidang farmasi. Masih banyak mahasiswa di bidang farmasi yang mempunyai kemampuan yang menganggur.
  2. Mempersiapkan tempat yang strategis. Tempat yang strategi sangat dibutuhkan sekali. Sebaiknya carilah tempat yang dekat dengan rumah sakit atau setidaknya ditempat keramaian. Apalagi anda yang baru merintis usaha apotek. Meskipun usaha atau tempat anda kecil tidak menjadi masalah jika berada ditempat yang strategis.
  3. Jika anda membuka apotek, pastinya anda harus mempersiapkan ruang tunggu yang nyaman.
Read More :  Peluang Bisnis Franchise Cetroo Coffee

Nah, ini sejumlah hal yang harus dipersiapkan selain modal usaha. Selain itu, dalam prosesnya tips dari kami adalah anda harus mampu memberikan pelayanan yang cepat dan terbaik. Kenyamanan dan kepuasan konsumen adalah NO 1.

Perkiraan Modal Bisnis Apotek Atau Toko Obat

Modal Awal
Kontrakan toko Rp. 10.000.000 S/D 20.000.000
Peralatan Rp. 2.000.000
Etalase kaca 2 unit Rp. 1.500.000
Lemari kaca Rp. 1.000.000
Meja & Kursi Rp. 1.500.000
Modal Awal Untuk Membeli Obat Rp. 15.000.000 S/D 20.000.000

Jadi untuk jumlahnya lebih kurang sekitar Rp. 31.000.000 S/D Rp. 46.000.000

Nah, jika anda membuka bisnis ini tidak di kota, maka untuk biaya kontrakan akan jauh lebih murah. Mungkin anda bisa menghemat biaya sampai 20%. Saran kami sebaiknya mulai bisnis apotek atau toko obat ini ditempat yang baru berkembang dan sedikit akan saingan.

Itulah sedikit ulasan tentang peluang bisnis apotek atau toko obat dari kami. Tentunya bisnis apotek ini cukup menggiurkan untuk dijalankan. Tidak mempunyai pengetahuan luas tentang obat-obatan atau farmasi tidak menjadi masalah besar, sebab anda bisa memanfaatkan sejumlah orang yang mempunyai keahlian dibidang farmasi, seperti mahasiswa tamatan farmasi.

Terima kasih sudah membaca artikel ini & jika ada kata-kata dari kami yang kurang memuaskan silahkan tinggalkan kritik dan saran dibawah ini.

Advertisement

Check Also

Peluang Usaha Di Tahun 2017 Yang Menjanjikan Untuk Dijalankan

Sangat banyak peluang usaha 2017 yang memiliki potensi menarik untuk dijalankan. Meskipun sebenarnya tidak ada …

55 comments

  1. Terimakasih ulasan diatas mas. Tapi Dengan modal 20jt untuk membeli obat, apa bisa bersaing dg apotek lain yg menyediakan obat lebih banyak n lengkap?

    Regard.
    Melisa

    • Setiap usaha mesti dirintis dari awal dengan susah payah, optimis ajas Mbak melisa. Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha. Kuncinya, kita harus mampu memberikan pelayanan yang baik dan mampu melihat peluang yang ada. Selamat mencoba & salam sukses.. πŸ™‚

  2. Toko obat dgn apotek sama gak? dan toko obat memerlukan ijin dulu gak? Makasih..

    • Toko obat juga memerlukan izin, sama halnya dengan apotek. Perbedaanya terletak pada izin obat yang dijual, toko obat diperbolehkan menjual obat-obat bebas saja, sementara apotek di beri izin untuk menjual segala jenis obat dan bisa menerima resep dokter. Terima kasih Mas Mad Rondi.. πŸ™‚

      • sebenarnya saya berminat mendirikan apotek,namun mencari penanggung jawab apoteker atau mencari lulusan apoteker gak dapet,jadinya sedih.semangat dan keinginan punya tapi mempunyai kendala itu.

        • Tetap semangat Mas Mad Rondi.. πŸ™‚ Buka lowongan kerja online aja Mas, banyak t apoteker yang membutuhkan pekerjaan..

  3. Untuk laporan keuangan gimana ya?? saya masih bingung cara laporan keuangannya..

    • mbak lia lulusan apoteker ya? boleh kerja sama dengan saya atau ada rekan lulusan apoteker blh dikenalin

      • @pak mad rondi: bapak lokasi dmana? Sy apoteker dan punya banyak tman apoteker siapa tau mau kerjasama bikin apotek. Sms/ call/ wa ke 08562017294. (Ery)

        • Saya juga punya masalah yg sama… Pengen bikin apotek banyak kendala nya… Posisi saya di solo, apakah ada info apoteker atau AA

  4. Untuk laporan keuangan gimana?? Aku masih bingung mau buka apotek tapi belum bisa cara laporan keuangannya?
    Mohon bantuan nya..

    • Mbak Iia HM.
      Dalam Lap.Keu mencakup beberapa hal, yaitu pemasukan dan pengeluaran, aktiva dan pasiva, serta memiliki tipe akun keungan yang digunakan. Berikut penjelasanya :
      1. Laporan keuangan pemasukan. Akun pemasukan mencatat semua pemasukan yang terjadi pada apotek, termasuk mencatat jumlah nominalnya.
      2. Laporan keuangan pengeluaran, yaitu akun yang mencatat semua data pengeluaran atau pembelanjaan dari suatu apotek.
      3. Akun aktiva. Dalam laporan akun aktiva tercantum segala transaksi keuangan yang berlangsung pada sebuah apotek atas nama akun aktiva. Laporan akun ini dikategorikan berdasarkan jangka waktu seperti misalnya setiap hari, setiap bulan, hingga setiap tahun. Dengan demikian pemilik perusahaan akan lebih mudah untuk memonitor laporan keuangan.
      4. Akun Pasiva. Laporan keuangan dengan jenis akun pasiva akan mencatat jumlah nominal pasiva dengan terperinci. Sama seperti akun aktiva laporan ini dilengkapi dengan periode harian, mingguan, bulanan, atau tahunan.
      Kesimpulan : Jangan pernah takut untuk memulai usaha, yakin dan tekun. Mengenai Lap.Keu secara detail, nantinya Anda akan menemukan jawab secara detainnya. Terima kasih.

  5. Peralatan yg 2jt itu mencakup apa aja ya ?

    • Yang dimaksud peralatan yang 2 jt itu adalah peralatan pelengkap lainnya atau biaya tak diduga.. Diatas merupakan perkiraan modal aja, jumlah modal tidak bisa dipastikan. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan dan daerah setempat. Terima kasih.

  6. ofnita mariana sijabat

    Saya berencana mau membuka apotek tetapi saya bidan. Kalau kita mau menerima resep dokter berarti apoternya harus stanby terus disitu ya.

    • Terimakasih Ofnita Mariana Sijabat, atas komentarnya. Untuk menerima resep dokter, apoteker ngak harus stanby di apotek setiap harinya. Fungsi apoteker hanya penangung jawab saja.

  7. Berapa lama kira2 ijin toko obat keluar

  8. jadi bagaimana kalaw saya membuka praktek bidan sambil mmbuka toko obat, sedangkan yg kta tw bidan tidak punya izin mmbuka toko obat, jadi bagaimana saya mengurus surat izin mmbuka toko obat trsebut..?.?

    • Maaf sedikit mengomentari πŸ™‚
      Utk toko obat skrg harus berijin mbak fitria, kalopn mbak fitria ingin membuka toko obat mbak fitria bisa bekerja sama dg sarjana farmasi agar mbak bisa buka toko obat.

      • untuk perizinan toko obat biasa nya boleh pakai strttk lulusan smk farmasi mbak, kalo membutuhkan mbak berkenan, saya kebetulan lulusan farmasi.. boleh pake strttknya saya mbak. terimakasih πŸ™‚

        • Regulasi perizinan apotik itu seperti apa ya…modal awal minimal brp kira2 diluar bangunan?? Dan tidak kalah pentingnya kita menggaji penanggungjawab/farmasis kisaran brp/bulannya?? Mohon pencerahannya…thanks

  9. Saya dari orang yg gak brpengalaman di bidang ksehatan apa lgi soall obat obatan namun sya ingin berbisnis usaha ini, langkah awal apa yg harus sya ambil. ??? Trima kasihh

  10. sy berminat bk toko obat tp msh bingung krn sy bkn apoteker…ad fb atau line ndak ya…untuk sarring…mksh

  11. Mas mohon bantu info nya.. Sy mau buka usaha toko obat.. Lebih baik toko obat apa apotik ya? Apakah apotik itu harus ada penanggung jwb sprti dokter atau basic kedokteran? Sdgkan sy hnya memiliki pengalamn kerja d apotik slama 5 th.. Mohon infonya.. Tq

  12. ikut nimbrung mas,bagaimana cara meningkatkan omset apotek???

  13. Dear Mas,

    Menarik sekali untuk artikel yang mas sharingkan berikut, saya mau menanyakan beberapa hal apabila saya baru start akan buka usaha apotik:
    1. Obat apa saja yang standar harus disediakan di apotik yang baru dibuka selain produk OTC (Panadol dll)?
    2. Untuk peralatan apotik, apakah bisa didetailkan apa saja yang harus dipersiapkan?

    karena saya juga ga ada pengalaman di bidang farmasi. Mohon informasinya

    Terima kasih

    • Tergantung lokasi pak, kl perkotaan utamakan barang brand besar. Karena biasanya mereka terpengaruh iklan (otc), dan obat resep dokter. Tp kalau market menengah kebawah maka diperbanyak obat2 essensial, misal anti nyeri, hipertensi dll

  14. Saya mau membuka kios toko obat obatan herbal..langkah pertama yg harus saya ambil apa saja..pesaing sepertinya tidak ada link jelas , keahlian herbal sedikit ada, masalahnya modal hanya 7 jutaan. Terima kasih saranny.

  15. bisa dibantu,,punya kenalan toko obat yg mau kerjasama dgn sy nggak ?,,kebetulan sy ada toko disebelah praktek istri sy,,mks

  16. Syh ingin buka usaha toko obat /apotik..tapi syh buksn orsng parmasi..bisa ga.

    • Membuka usaha itu tidak harus melihat latar belakang kita mas, yang penting ada kemauan dan mental untuk memulainya. Kita bisa mencari orang di bidang farmasi mengelolanya. Yang penting manajemennya kita kuasai dengan benar. Terimakasih πŸ™‚

  17. Saya sudah buka apotik sudah berjalan 5 bulan,dan sudah bisa berlangganan dengan 2 pbf.yang saya lokasi tempat lumayan strategis.tapi dalam 5 bulan ini saya belum ada keutungan justru malah merugi.bagaimana caranya mengelola management apotiknya.

  18. Kalau untuk buka toko obat izinnya apa saja ya ?
    mohon infonya teman-teman semua

    • untuk daerah mana mbak ?
      untuk perizinan toko obat biasa nya boleh pakai strttk lulusan smk farmasi mbak, kalo membutuhkan mbak berkenan, saya kebetulan lulusan farmasi.. siapa tau kita bisa kerja sama .hehe πŸ™‚ terimakasih

  19. siapa yg berkenan bekerjasma dengan saya, soalnya sy gag punya temen yg lulusan apoteker…

  20. PBF itu apa ya dan bgm cara mendapatkannya kebetulan saya tertarik ingin buat apotek

    • Lita, S.farm., Apt.

      Pbf itu adalah pedagang besar farmasi bisa dibilang distributor . Nah pbf itu mencakup bberapa obat dr berbagai industri , kebetulan saya Apoteker , , jika ada yg ingin ditanyakan terkait apotek bisa hubungin saya di nomer 085772777186

  21. Salma Salsabiela Humaedi

    Kebetulan saya orang farmasi, STRTTKnya belum turun tapi mau buat toko obat. Nah, pas perizinan nya itu pemilik dan penanggung jawab harus orang yg beda atau boleh 1 orang aja?
    Dan mau tanya, untuk izin pake STRTTK orang kita kasih gaji perbulannya berapa ya?

  22. Toko obt sy sdh jln 2th tp sy blm punya ijin karna tdk ada knalan orng farmasi

  23. Saya ada niat membuka toko obat
    Apa bisa kita ijin membuka toko obat , tanpa harus ada back up dari orang farmasi

  24. Muhammad Zulfahmi,A.Md.Farm

    Asslmkm…
    Saya lulusan D3 Farmasi , bagi yg berminat utk membuka toko obat bisa menggunakan surat ijin saya. Terimakasih.
    Hub : fahmimi68@yahoo.com

  25. Salam pebisnis,saya jg ingin mendirikan mini apotek,sy sering belanja jg di di apotek agen untk sy jual di toko sembako keluarga sy,jd sy ingin ingin buka jg mini apotek.yg sy mau tanyakan jika buka mini apotek apa perlu zurat izin jualan obat,sedang t4 yg sy tinggalin masih dlm katogeri pedesaan..pusatnya sekitar 15 kg dri kota..tks?

  26. broo saya mau tanya semisal bukan lulusan farmasi atau apoteker boleh g buka apotik???

  27. Hi mas Ell Brandy KA, apakah saya boleh minta no wa nya untuk tanya seputar apotek?

    Terima kasih πŸ™‚

  28. siapa yg berkenan bekerjasma dengan saya, soalnya saya punya temen yg lulusan apoteker…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *