Home / Bisnis Kuliner / Menilik Peluang Usaha Nasi Lemak di Indonesia

Menilik Peluang Usaha Nasi Lemak di Indonesia

Advertisement

Nasi lemak adalah makanan bercitarasa tinggi yang berasal dari tanah Melayu. Nama “Lemak” dibubuhkan karena makanan ini memiliki beberapa bahan yang mengandung lemak seperti santan. Santan kelapa dan daun pandan umumnya dibubuhkan pada olahan kuliner yang satu ini. Tidak heran, rasa gurih dan keharuman nasi lemak memang sangat menggoda.

Rasa nasi lemak cukup mirip dengan nasi uduk, tetapi karena komposisinya yang lebih spicy, nasi lemak lebih gurih dengan sensasi rasa daun salam dan kayu manis. Karena memiliki cita rasa yang khas, makanan yang banyak digemari semua kalangan ini dimanfaatkan sebagai menu sarapan pagi dengan iringan telur rendang dan acar.

Menilik Peluang Usaha Nasi Lemak di Indonesia

Resep Rahasia Membuat Nasi Lemak

Cara membuat nasi lemak sangat mudah. Pertama – tama, cuci beras seperti biasa. Lalu, tambahkan santan, air serta daun salam dan daun serai yang disimpul. Jika ingin aroma yang legit, tambahkan pula potongan daun pandan atau sedikit jahe. Usahakan untuk memasak dalam periuk dan bukan rice cooker agar rasanya lebih khas. Gunakan api kecil sampai setengah matang dalam rentang waktu antara 20 – 30 menit.

Setelah nasi dalam periuk sudah setengah matang, makanan tersebut dipindahkan ke dandang dan dimasak kembali seperti cara tradisional hingga matang dan tanak. Maka, nasi lemak sudah siap disajikan. Supaya lebih lengkap kandungan gizinya, masak juga bahan pelengkap seperti sambal teri kacang, sayuran, dan ikan berprotein tinggi seperti cumi asam manis, limpa santan dan usus pedas manis.

Read More :  Tips Mengawali Usaha Fried Chicken Tanpa Waralaba

Strategi Dan Peluang Usaha Nasi Lemak

Jika ditelisik dari komposisinya, peluang nasi lemak cukup luas karena dominan orang Indonesia masih mempercayai nasi adalah makanan pokok paling “afdol”.

Selain itu, banyak konsumen yang sudah bosan dengan olahan nasi yang itu – itu saja. Pada umumnya, nasi hanya diolah sebagai bubur, nasi goreng, dan nasi campur. Bentuk dan masakan lauk yang mendampinginyalah yang sering diutak atik agar menarik.

Jadi, peluang pasar nasi lemak masih sangat tinggi karena banyak orang yang suka dengan olahan nasi yang memiliki rasa gurih. Namun, banyak orang Indonesia terutama wanita yang sedikit “alergi” dengan kata lemak karena sedang menjalani diet. Oleh karena itu, sebagai inovasi nasi lemak bisa diberi istilah lain yang lebih menarik dan bersahabat bagi orang – orang yang sedang menjalani diet.

Sebaiknya, vendor nasi lemak berjualan di area yang banyak dilalui orang pada pagi hari. Karena umumnya nasi lemak disantap sebagai menu sarapan, lokasi yang tepat bisa di car free day atau daerah taman keluarga. Nah, ide usaha makanan yang sederhana ini, mungkin bisa Anda lirik sebagai usaha.

Advertisement

Check Also

Melirik Peluang Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Bermodal Kecil

Saat ini, usaha kuliner sedang banyak dilirik. Dari usaha makanan rumahan hingga usaha franchise, semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *