Home » Tips Bisnis » Tips Memulai Bisnis Klinik, Untuk Tempat Praktek Dokter

Tips Memulai Bisnis Klinik, Untuk Tempat Praktek Dokter

Advertisement

Apakah anda baru saja lulus dari fakultas kedokteran? Well, congratulation tetapi tentu ini merupakan langkah awal anda menuju kehidupan sesungguhnya. Seperti yang kita tahu jika anda harus menjalani serangkaian uji coba di lapangan sebelum anda bisa membuka praktek atau dinyatakan sebagai dokter yang bisa bekerja sendiri.

Namun jika anda telah melakukan serangkaian hal tersebut, maka anda jangan sampai bingung akan melakukan apa. Karena kadang mungkin anda bingung apakah harus bekerja di rumah sakit, menjadi pns atau membuka praktek sendiri di rumah.

Baca Juga : Menilik Peluang Bisnis Baju Ibu Hamil

Jika anda sudah mempunyai modal yang cukup, maka akan lebih baik jika anda membuka praktek dokter anda sendiri. Anda tak perlu bingung bagaimana cara memulainya. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuka bisnis praktek dokter.

Advertisement


Tips Memulai Bisnis Praktek Dokter

1. Pemilihan Lokasi Praktek

Dalam memulai sebuah bisnis pastilah harus mempertimbangkan lokasi yang strategis. Hal ini tentunya akan memudahkan anda dalam memasarkan produk. Selain itu juga target konsumen anda akan tercapai. Jika anda berfikir untuk memulai bisnis praktek dokter harus di kota besar maka anda salah besar. Terkadang malah di kabupaten atau di pinggiran akan membuka peluang bisnis anda. Karena biasanya di daerah-daerah tersebut jarang tenaga kesehatan.

Tips Memulai Bisnis Klinik, Untuk Tempat Praktek Dokter

2. Peralatan Medis Memadai

Untuk soal ilmu kedokteran pastilah anda sudah memilikinya karena anda telah lulus dan memiliki sederet praktek kerja di lapangan. Kemudian yang perlu anda siapkan dengan benar adalah peralatan medis yang memadai yang ada di praktek kesehatan anda. Karena jika fasilitas anda tidak memadai maka konsumen pun akan meragukan bisnis anda. Jika perlu anda juga bisa bekerja sama dengan apoteker maka konsumen anda bisa langsung mendapatkan obat dari resep yang anda berikan.

3. Perizinan Praktek

Jangan lupakan hal yang satu ini, perizinan untuk setiap bisnis sangatlah diperlukan. Bukan hanya izin usaha namun juga izin untuk membuka prakter dokter. Anda sudah harus dari jauh-jauh hari untuk mengurus hal perizinan ini. Karena bukan waktu yang sebentar untuk mengurus perizinan ini.

Baca Juga : Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan Dibidang Persewaan Barang

Anda harus minta izin dari beberapa pihak dan juga harus menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Jika anda tidak tahu apa saja yang harus anda lakukan untuk meminta perizinan ini. Anda bisa menanyakan kepada yang berkepentingan.

4. Strategi Pemasaran

Walaupun anda bukan membuka bisnis dengan menjual produk, namun anda tetap harus melakukan strategi pemasaran yang tepat. Untuk menjual jasa pastinya perlu pendekatam strategi pemasaran yang berbeda.

Pertama anda bisa mengadakan sosialisasi di daerah lingkungan usaha anda misalnya dengan mengadakan seminar atau diskusi gratis dengan tema  cara mencegah flu pada anak atau dengan tema pembahasan lainnya. Dalam seminar tersebut Anda bisa memberikan edukasi mengenai perbedaan flu dan hidung tersumbat, gejala flu, penyebab flu dan lainnya.

Selain promosi melalui berbagai acara, Anda juga bisa membuat beberapa brosur maupun plang sosialisasi lainnya. Hal tersebut agar orang dapat mengenal lokasi tempat praktek Anda.

Advertisement

About Taufiq Iqbal

Seorang Penulis Artikel propesional. Memiliki passion yang tinggi untuk menemukan peluang usaha kreatif yang baru dan suka mencoba hal-hal yang unik. Sekarang mencoba menulis artikel peluang usaha .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *