Home / Bisnis Sampingan / Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Mudah Dijalankan Anak Muda

Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Mudah Dijalankan Anak Muda

Advertisement

Usaha sampingan merupakan usaha yang biasa dijalankan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Skala usaha yang ditujukan untuk “sampingan”, biasanya berada pada kategori usaha kecil dan usaha menengah. Usaha jenis ini merupakan usaha yang mudah untuk dijalankan. Alasannya, selain memerlukan modal yang tidak terlalu besar, juga tidak memakan banyak tenaga dan waktu.

Usaha sampingan merupakan usaha yang tergolong mudah untuk diurus. Karenanya, usaha jenis ini menjadi usaha favorit untuk dijalankan oleh pelajar dan mahasiswa. Selain pelajar dan mahasiswa, usaha ini juga sering dijalankan oleh ibu rumah tangga, bapak rumah tangga, karyawan kantor, dan berbagai jenis orang dengan berbagai jenis profesi lainnya. Selain dapat menambah penghasilan, keuntungan usaha ini adalah tidak menganggu pekerjaan utama pengusaha sampingan.

Bisnis sampingan mempunyai kategori bisnis dengan modal kecil, modal menengah, dan modal besar. Usaha modal kecil dalam jenis ini dimulai dengan modal Rp. 50.000 sampai dengan modal Rp. 5.000.000. Sedangkan usaha modal menengah adalah dengan modal Rp. 5.000.000 sampai dengan Rp. 20.000.000. Dan usaha untuk sampingan modal besar biasanya dilakukan oleh anak pengusaha kaya, dengan modal Rp. 20.000.000 keatas. Tentunya, yang sering dijalankan adalah usaha sampingan dengan modal kecil.

Pada saat ini, ada banyak sekali peluang usaha untuk sampingan yang mudah untuk dijalankan. Diantaranya, juga banyak yang tidak memakan biaya besar untuk mendirikan usaha tersebut.

Jika dikelola dengan baik, usaha jenis ini juga bisa menjadi income/ pemasukan yang stabil. Untuk itu, berikut kami persembahkan kepada anda, beberapa ide usaha untuk sampingan yang mudah dijalankan serta tidak membutuhkan modal besar. Bahkan, diantaranya ada beberapa usaha tertentu yang tidak membutuhkan biaya untuk dijalani.

Ide Usaha Sampingan Yang Mudah Dikelola Dengan Modal Kecil

  • Usaha Top-up Pulsa

Usaha top-up pulsa, atau usaha jual pulsa, merupakan usaha mendunia yang sudah sering dijadikan kerjaan sampingan. Ada 2 cara yang bisa dilakukan ketika kita ingin melakukan usaha jual pulsa. Pertama, kita bisa mendirikan counter pulsa dan menjual pulsa ditempat khusus. Kata lainnya kita bikin konter pulsa. Sedangkan yang kedua, kita bisa menjual pulsa disambi kerja, kuliah, sekolah, belanja, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Enaknya usaha jual pulsa adalah sangat fleksibel dijalankan. Kita bisa menjual pulsa dimana saja dan kapan saja orang butuh. Banyak orang yang menyebut usaha ini sebagai “tukang pulsa berjalan”.

Kita bisa menjual pulsa ketika ada kenalan, orang, teman, sahabat, kerabat yang sedang membutuhkan. Kebanyakan yang membeli pulsa ketika kita tidak mendirikan counter pulsa dan menjual pulsa sambil melakukan kegiatan keseharian adalah teman, kerabat, atau atasan.

Read More :  Mencari Peluang Usaha Modal Kecil? Temukan Disini!!!

Resiko melakukan usaha sampingan jual pulsa adalah banyaknya pembeli yang minta “utang”. Karenanya, kita harus hati-hati dalam me-manage usaha kita agar tidak bangkrut karena kebanyakan orang mengutang. Keuntungan dari usaha jual pulsa adalah modal yang diperlukan sangat kecil. Biasanya berkisar Rp. 50.000 – Rp. 500.000.

  • Usaha Konsumen Perantara/ Usaha Beli-Jual

Apa itu Konsumen Perantara? Konsumen perantara adalah orang yang membeli barang dan/atau jasa bukan untuk konsumsi pribadi, namun untuk menyalurkannya ke konsumen lain. Bahasa mudahnya, adalah kita membeli dan menjual kembali. Bahasa gaulnya adalah makelar.

Menjadi konsumen perantara atau makelar, tidak harus makelar tanah atau makelar motor. Kita juga bisa menerapkan usaha ini pada jenis barang yang lain. Misalnya handphone, gadget, aksesoris laptop, laptop, barang-barang elektronik, dan lain-lain. Tidak perlu malu untuk melakukan usaha ini karena kita bisa melakukannya secara online. Usaha jual – beli merupakan ide bisnis sampingan yang cukup bagus.

Keuntungan dari banyaknya online shop adalah bisa kita manfaatkan sebagai ladang usaha. Kita bisa membeli barang secara online, kemudian menjualnya kembali secara online dengan menyertakan profit.

Namun, dalam hal ini, kita perlu hati-hati memilih barang yang tidak akan merugikan konsumen. Ada baiknya, kita membeli dari pemakai, dan menjualnya kembali pada pemakai. Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini, sangat relatif. Usaha beli-jual handphone merupakan usaha dengan modal yang relatif sedang dengan keuntungan yang lumayan.

  • Usaha Online Shop

Usaha online shop merupakan usaha sampingan yang sering dijalani anak muda. Dan target konsumennya juga biasanya anak muda. Online shop sendiri adalah toko online yang menjual barang secara online. Keuntungan mendirikan usaha ini adalah sangat mudah dijalankan, tidak butuh tempat luas, dan modalnya bisa kita atur.

Online shop merupakan usaha jenis sampingan yang memiliki potensi untuk berkembang menjadi usaha besar. Tergantung dari manajemen dan pengelolaannya, online shop dapat menjadi sumber pendapatan sampingan yang besar. Alasannya karena cakupan pasar online shop sangat luas. Siapa saja dan dimana saja, bisa membeli produk usaha tersebut melalui internet.

Beberapa contoh usaha online shop yang sering dijalankan adalah:

  1. Kerajinan online
  2. Aksesoris online
  3. Fashion online
  4. Aksesoris elektronik online
  5. Dan usaha online berbasis hobi, seperti mercandishe anime, superhero, kartun, dsb.

Peluang usaha sampingan online shop sangat luas, dengan jenis usaha yang bermacam-macam. Yang penting adalah adanya kreatifitas dan manajemen yang baik. Modal yang dibutuhkan bisa berkisar antara Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 10.000.000 lebih tergantung dari jenis usaha yang ingin dibangun.

  • Usaha Jual Pakaian
Read More :  Peluang Bisnis Modal 5 Juta : Jualan Minuman Bubble

Usaha sampingan jual pakaian bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, bisa dilakukan secara online. Kedua, bisa dilakukan sambil menjalani aktivitas keseharian. Dan ketiga, bisa dilakukan dengan memiliki tempat usaha. Ada keuntungan tersendiri dari beberapa cara usaha yang disebutkan tersebut.

Jika kita mendirikan usaha pakaian secara online, otomatis, konsumen kita akan menjadi lebih banyak. Tentunya, ini dalam konteks adanya pengelolaan yang bagus. Usaha pakaian online juga tidak memakan banyak tenaga dan pikiran. Sudah banyak anak mudah yang membangun usaha ini.

Sedangkan jika melakukan usaha sambil menjalani aktivitas sehari-hari, pasaran kita akan menjadi terbatas. Ini karena, konsumen yang ada merupakan orang yang biasanya kita kenal. Keuntungannya, kita bisa usaha dengan santai.

Dan jika kita mendirikan usaha pakaian dengan mendirikan tempat jualan sendiri, keuntungannya adalah usaha kita lebih stabil. Namun, manajemen yang dibutuhkan juga akan semakin kompleks.

Dalam mendirikan usaha jual pakaian, modal yang dibutuhkan relatif dengan bagaimana cara kita memasarkan. Namun, secara rata-rata, modal yang dibutuhkan berkisar Rp. 500.000 keatas. Tergantung dari skala stok pakaian yang ingin kita ambil.

  • Usaha Jual Aksesoris

Menjual aksesoris merupakan usaha sampingan yang cara pendirian dan penjalanan usahanya mirip seperti mendirikan usaha baju/ pakaian. Bedanya, usaha aksesoris biasanya memiliki konsumen yang lebih banyak dari pada usaha baju. Ini didasarkan atas fakta. Alasannya karena baju memiliki harga yang lebih tinggi dari aksesoris.

Aksesoris juga memiliki potensi yang luas, mengingat terdapat berbagai jenis aksesoris dari ujung rambut sampai ujung kaki. Yang penting dalam mendirikan usaha aksesoris adalah memikirkan perilaku konsumen yang akan berpengaruh pada permintaan konsumen dipasaran. Mencari tempat pemasaran yang tepat juga menjadi kunci suksesnya mendirikan usaha aksesoris.

  • Usaha Drop-Ship

Usaha drop-ship juga merupakan usaha sampingan yang baru-baru ini sangat tenar. Dalam usaha ini, yang menjadi inti adalah seseorag bekerjasama dengan distributor online untuk menjual barang.

Seorang yang melakukan drop-ship akan mencarikan pembeli. Ketika terdapat pembeli, orang tersebut akan menghubungi distributor, dan distributor akan mengirim barang. Pembeli akan membayar barang kepada orang yang menjadi drop-shiper itu. Dan orang yang menjadi drop-shiper membayar kepada distributor.

Secara lebih mudah, ide usaha sampingan drop-shiper adalah kita menjual barang yang belum kita bayar. Kita menjual dengan harga lebih tinggi daripada harga dari distributor. Dan ketika ada yang beli, kita membayar kepada distributor sesuai harga yang ditentukan distributor.

Read More :  Tips Sukses Bisnis Pulsa Elektrik

Jadi keuntungan akan masuk ketangan kita. Usaha ini termasuk dalam usaha tak bermodal. Namun, biasanya untuk menjadi drop-shiper, distributor biasanya akan meminta kita me stok beberapa barang terlebih dahulu.

Faktor-Faktor Usaha Sampingan Berjalan Sukses

Jika anda ingin usaha sampingan anda berjalan dengan sukses, ada beberapa hal yang perlu anda perhitungkan dan perhatikan. Beberapa faktor tersebut adalah.

  1. Modal harus mencukupi untuk mendirikan dan menjalankan usaha
  2. Pisahkan uang pribadi dengan uang usaha
  3. Jangan malu untuk melakukan promosi dan menawarkan barang dan/atau jasa yang menjadi produk usaha kita
  4. Kelola usaha dengan prinsip-prinsip dasar bisnis yang baik, meskipun usaha kita merupakan usaha untuk sampingan
  5. Bersikap profesional saat menjalankan usaha, meskipun itu adalah teman, kerabat, saudara. Pisahkan urusan hubungan, dengan urusan usaha
  6. Terus improvisasi kemampuan marketing

Berikut adalah faktor-faktor/ arahan yang bisa kami berikan untuk anda yang ingin menjalani usaha dengan sukses sebagai sampingan. Faktor-faktor tersebut dapat menjadi arahan untuk anda dalam mendirikan usaha untuk sampingan. Dengan menerakpkan dan memperhatikan faktor-faktor diatas, anda dijamin akan lebih lancar dalam menjalankan suatu usaha.

Tips Sukses Mendirikan Usaha Sampingan Untuk Anak Muda

Mendirikan usaha untuk sampingan sebenarnya gampang-gampang susah. Jika kita ingin usaha yang kita jalankan lancar, kita harus benar-benar menjalani usaha dengan niat dan kemauan untuk terus belajar dalam bisnis.

Selain itu, kita juga harus pintar-pintar memutar modal. Ketika semua itu bisa anda capai, maka usaha yang anda jalani akan lebih lancar untuk dijalankan.

Yang sering menjadi masalah dalam mendirikan usaha bagi anak muda kami kira adalah modal. Untuk mengatasi permasalahan ini, kami hanya bisa memberikan saran untuk mengasar kreatifitas dan memutar otak agar usaha yang didirikan mendapat modal cukup. Misal dengan melakukan usaha kecil terlebih dahulu, baru dikembangkan untuk mencari modal mendirikan usaha yang anda inginkan. Berbagai strategi lain juga bisa berhasil, tergantung bagaimana anda memanfaatkan kreatifitas anda.

Selain itu, kita juga perlu mencari peluang bisnis sampingan yang cocok dengan kita. Maksudnya adalah kita memiliki rasa senang ketika menjalankan bisnis tersebut. Karena, jika kita mendirikan bisnis namun kita tidak enjoy dalam menjalankannya, usaha tersebut akan terasa berat dan melelahkan untuk dijalani. Kuncinya adalah menikmati usaha sampingan yang akan didirikan. Atau mencari peluang usaha yang akan enjoy untuk dijalani.

Advertisement

Check Also

Ide Bisnis Rumahan Potong Rambut & Cara Memulainya

Menjalankan bisnis adalah jalan untuk mendapatkan pendapatan lebih besar tiap bulannya dibandingkan dengan hanya menerima …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *