Home / Bisnis Sampingan / Ide Bisnis Rumahan Potong Rambut & Cara Memulainya

Ide Bisnis Rumahan Potong Rambut & Cara Memulainya

Advertisement

Menjalankan bisnis adalah jalan untuk mendapatkan pendapatan lebih besar tiap bulannya dibandingkan dengan hanya menerima gaji dari penghasilan sebagai karyawan saja. Jika ingin memulai bisnis maka ada banyak sekali ide bisnis rumahan yang bisa dicoba.

Kenapa bisnis rumahan?

Karena bisnis ini relative mudah dijalankan, tanpa perlu modal besar dan juga tempat yang luas, kita sudah bisa menjalankan bisnis ini dan mendapatkan keuntungan yang tinggi. Prospek untuk bisnis ini pun sangat besar, apalagi jika kita pintar melihat peluang.

Salah satu ide bisnis dengan prospek yang besar adalah usaha potong rambut. Menjalankan bisnis ini tak perlu repot mencari spot usaha yang srategis. Hanya menggunakan teras depan rumah pun sudah bisa memulai usaha ini. Jika berminat pada bisnis ini, berikut ini adalah beberapa trik dan cara memulai bisnis potong rambut bagi pemula.

3 Cara Memulai Ide Bisnis Rumahan Potong Rambut

  • Tentukan lokasi

Sebenarnya untuk lokasi usaha ini, bisa menggunakan teras depan rumah. Namun untuk usaha potong rambut dengan prospek yang lebih baik, diperlukan lokasi usaha yang strategis. Saat ini banyak usaha potong rambut yang ada di pinggiran jalan raya.

Selain membuka bisnis di perkampungan, bisnis ini juga bisa dibuka di lokasi yang strategis, yang rame oleh manusia berlalu lalang. Dengan demikian maka prospek pun akan lebih cerah. Salah satu yang patut diperhitungkan adalah pada lokasi jalur transportasi. Lokasi ini sering menjadi lokasi yang ramai untuk berbagai usaha, termasuk ptong rambut.

  • Persiapkan alat
Read More :  7 Tips Memulai Usaha Kecil dan Sukses

Tak ada usaha yang tak membutuhkan alat, termasuk ide bisnis rumahan potong rambut. Untuk usaha awal, mungkin alat yang digunakan bisa sederhana saja ,seperti gunting biasa. Meskipun sangat direkomendasikan untuk menggunakan pemotong rambut listrik untuk hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

Setelah bisnis berjalan dan modal yang terkumpul sudah semakin besar, maka bisa membeli berbagai alat cukup yang lebih professional. Semakin lengkap alat yang digunakan maka akan semakin puas pula pelanggan yang datang.

  • Perhatikan tepat potong rambut

Semakin bagus dan representative tempat potong rambut, maka akan semakin banyak pula pelaggan yang datang. Sediakan bangku atau kursi untuk tempat orang mengantri jasa kita.

Selain itu, sediakan pula koran atau majalah, sehingga pelanggan yang menunggu tidak akan terlalu merasa bosan menunggu. Jika hawa di tempat kita panas, bisa memberikan fasilitas berupa kipas angin sehingga akan membuat pelanggan makin nyaman di tempat potong rambut kita.

Bahkan ada beberapa tempat potong rambut yang memberi fasilitas berupa radio atau televsisi sehingga membuat suasana menjadi hangat dan juga nyaman bagi pelanggan yang sedang dicukup maupun pelanggan yang mengantri.

  • Ramah

Keramahan memang kunci kesuksessan bagi jasa potong rambut. Biasanya pelanggan akan mencari topik pembicaraan untuk mengisi kekosongan ketika si pencukur sibuk mencukur rambut. Untuk itulah wajib hukumnya bagi si pemilik jasa mencukur rambut untuk juga ramah dan juga membuat suasana hangat dengan turut bercengkerama dengan pelanggan.

Read More :  Menilik Peluang Usaha Jasa Service Hard Disk

Dengan demikian, maka pelanggan akan loyal dan tak segan untuk datang lagi. Apalagi jika pelanggan kita adalah dari kalangan pria, maka dalam tempo per tiga bulan, pelanggan akan datang kembali untuk mencukur rambut. Intensitas memotong rambut kaum pria memang lebih tinggi dibanding wanita.

Hal ini nampaknya harus dimanfaatkan benar untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, tidak salah jika banyak yang memilih ide usaha rumahan ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Advertisement

Check Also

Peluang Bisnis Aneka Model Hijab Masa Kini

Perkembangan dunia fashion yang semakin meningkat dan terus berkembang tentu menjadikan salah satu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *