Home » Bisnis Kuliner » Ide Bisnis Makanan Martabak Yang Wajib Dibawa Calon Pebisnis

Ide Bisnis Makanan Martabak Yang Wajib Dibawa Calon Pebisnis

Advertisement

Martabak adalah salah satu makanan populer yang ada di Indonesia. Di manapun kita berada, kita akan mudah menemukan salah satu jajanan ini. Baik martabak telur maupun martabak manis, semua memiliki rasa yang familiar di lidah orang Indonesia.

Baca Juga : Peluang Bisnis Camilan Kerupuk Teripang Yang Menggiurkan

Bisnis makanan martabak memang sangat menggiurkan untuk dicoba karena peluangnya cukup besar. Cara memulainya pun cukup mudah sehingga hanya perlu latihan otodidak, maka bisnis ini sudah bisa dijelankan. Namun, bagi yang ingin memulai usaha ini namun tidak tahu detail makanan martabak, maka beberapa poin berikut bisa membantu menambah wawasan kita tentang bisnis martabak.

Advertisement


Deskripsi Singkat Bisnis Makanan Martabak

  • Bahan baku

Bahan baku martabak bisa ditemui dengan mudah, baik di pasar maupun di supermarket. Pastikan untuk mendapat supplier yang terpercaya yang menyediakan bahan yang berkualitas. Pilih pula yang harganya lebih murah, namun bukan berarti kualitasnya buruk. Pada beberapa supplier mereka menyediakan barang yang sama namun arga yang berbeda. Nah, tergantung kejelian dalam memilih supplier yang bisa menekan ngkos prduksi  ini.

Baca Juga : Ide Bisnis Kuliner & Strategi Sukses Kuliner Bakso Ikan Bagi Siapa Saja

Bahan baku yang diperlukan untuk bisnis makanan martabak diantaranya adalah tepung terigu, susu segar, mentega, baking powder, dan juga ragi roti. Bahan baku lainnya yang juga tak boleh dilupakan adalah telur, gula pasir, garam, pilih pula bahan untuk isisnya martabak manis, seperti kacang, meses, pisau, keju, dan juga aneka macam selai. Untuk martabak telur bahan yang harus disediakan adalah telur, tepung terigu, air, garam, dan juga minyak goreng.

Ide Bisnis Makanan Martabak Yang Wajib Dibawa Calon Pebisnis

  • Tempat usaha martabak

Lokasi stargeis waib dipilih untuk membuka usaha martabak. Pilihlah di pusat keramaian pertokoan, adalah di wilayah komplek. Tidak perlu sewa kios mahal untuk memulai bisnis ini. Cukup berjualan di depan kawasan perbelanjaan, kawasan perkantoran, dan juga di depan swalayan, maka bisnis ini sudah bisa menghasilkan pemasukan.

  • Perlengkapan usaha martabak

Layaknya cara jualan makanan lainnya, pilih pula perlengkapan untuk mengolahnya. Ada banyak perabot dan perlengkapan untuk bisnis ini, namun jangan khawatir arena semuanya bisa dibeli dengan harga terjangkau. Perlengkapan pokok untuk usaha ini seperti gerobak atau etalase, tabung gas beserta kompornya, wajan datar dan lebar sreta patula.

Baca Juga : Ide Bisnis Camilan Antimainstream Yang Menjanjikan

Siapkan pula Loyang bulat untuk membentuk martabak manis. Beberapa aelrlengakpan pendukung lainnya yang wajib ada ialah seperti: saringan minyak, pisau, plastik untuk membungkus, parutan keju, dan juga kertas roti serta boks makanan.

  • Karyawan

Bila tak punya waktu untuk melayani sendiri para pelangan, kita bisa memperkerjakan pegawai yang bisa bekrja di etalase martabak kita. Untuk pengeluaran gaji karyawan ini sendiri tak terlalu besar jika dibanding dengan pendapatan yang didapat, yakni skeitar 800 riu rupiah perbulan.

  • Pemasaran

Jika usaha martabak masih termasuk aru dibuka, maka perlu dilaukan promosi, seperti menyebarkan brosur, memberikan diskon, dan juga bonus seperti gratis es the atau makanan lainnya. Promosi ini juga sangat penting untuk menarik pelanggan singgah ke etalase martabak kita. Gunakan pula kanal sosial media untuk promosi.

  • Harga martabak

Harga martabak termasuk bervariasi. Ada yang murah meriah hingga harga mahal. Semuanya bergantung dengan bahan dan juga isian martabak. Harga paling murah yakni 5 hinga 10 ribu rupiah. Dengan isian yang lebih mahal seperti coklat, durian, dan juga pisang harga yang dibandrol bisa mencapai 15 hingga 20 ribu ruiah per boksnya.

Baca Juga : 5 Tips Tak Terbantahkan Untuk Mengembangkan Ide Bisnis Kuliner

Harga ini memang bervariasi dan sebenarnya tergantung dengan harga bahanbakunya. Jika kita memilih bahan yang bagus dan mahal, maka sebaiknya meningkatkan harga martabak. Bisnis makanan martabak ini bisa dimulai ketika kita sudah paham betul baik cara memulainya dan juga manajemennya bisnisnya.

Advertisement

About Ell Brandy KA

Lahir di Kranji, Singapura, besar di belitung. Memiliki passion yang tinggi untuk menemukan peluang usaha kreatif yang baru dan suka mencoba hal-hal yang unik. Sekarang mencoba menulis artikel peluang usaha .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *