Home / Bisnis Sampingan / Cara Memulai Usaha Event Organizer

Cara Memulai Usaha Event Organizer

Advertisement

Event Organizer adalah seseorang, atau sebuah perusahaan yang bertugas membantu berbagai pelanggan dengan masalah perencanaan, pengorganisasian. Secara umum memfasilitasi acara, baik yang berukuran kecil, menengah, ataupun besar.

Usaha Event Organizer adalah usaha yang saat ini nampaknya cukup menjanjikan, karena selain biaya modal awal yang termasuk sangat kecil, usaha ini juga potensial karena banyak sekali orang dan juga jenis acara yang memerlukan bantuan ahli seorang Event Organizer.

Acara yang biasa memerlukan bantuan Event Organizer dapat berkisar jenis acara seperti pernikahan, acara pertemuan perusahaan, acara reuni sekolah atau keluarga besar, dan juga acara ulang tahun yang berskala lebih besar.

Sayangnya, acara yang berukuran lebih kecil seperti acara perkumpulan di sekolah, dan lain-lain umumnya direncanakan sendiri tanpa meminta bantuan seorang Event Organizer. Walaupun memang pada dasarnya sang Event Organizer juga harus pilih-pilih dalam hal memilih acara yang akan mereka bantu, karena mengurus satu acara butuh waktu dan usaha yang cukup besar.

Sebelum Memulai Usaha Event Organizer

Sebelum memulai usaha Event Organizer, Anda perlu setidaknya tahu akan apa saja hal-hal yang perlu Anda persiapkan demi melancarkan prosesi sebuat acara. Akan sangat membantu kalau Anda sudah punya pengalaman mengatur sebuah acara yang sukses. Selain itu, sebelum Anda memulai usaha ini, ada baiknya kalau Anda bisa mencalonkan diri untuk mendapatkan sertifikasi Event Organizer formal.

Read More :  Peluang Bisnis Yang Lagi Trend Buat Anak Muda. Apa Saja?

Sejumlah organisasi memberikan sertifikasi untuk Event Organizer. Mendapatkan satu atau dua sertifikasi memungkinkan Anda untuk mendapatkan reputasi kehandalan dan profesionalisme yang lebih baik. Hal ini terutama penting kalau Anda baru memulai usaha dan belum punya kontak pelanggan.

Saat Memulai Usaha Event Organizer

Saat Anda ingin memulai usaha Event Organizer, tentunya Anda tidak bisa bekerja sendiri. Anda perlu mempekerjakan beberapa orang, tetapi jangan terlalu banyak dulu pada tahap awal. Pertimbangkanlah peluang kerja sama dengan sesama Event Organizer untuk memperluas peluang bisnis Anda.

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga perlu mempertimbangkan penanganan tugas akuntansi, penjualan, perpajakan, dan masalah lainnya. Oleh karena itu, akan sangat membantu kalau ada orang yang bisa Anda percayai untuk menangani masalah yang lebih sepele.

Selanjutnya untuk masalah mencari pelanggan, Anda bisa menyisihkan anggaran untuk biaya pemasaran awal. Cetak kartu nama dan brosur yang bisa memperkenalkan usaha baru Anda dengan baik adalah cara yang tepat. Memulai usaha Event Organizer memang perlu pengetahuan dan juga keahlian yang cukup matang, tetapi buahnya manis.

Advertisement

Check Also

Bisnis Seminar Parenting Untuk Para Calon Ibu Rumah Tangga

Bisnis Seminar Parenting Untuk Para Calon Ibu Rumah Tangga

Saat ini, banyak sekali berbagai bisnis yang menjanjikan tanpa dengan mengeluarkan modal yang besar. Dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *