Home / Tips Bisnis / Tips Bisnis Sewa Peralatan Fotografi

Tips Bisnis Sewa Peralatan Fotografi

Advertisement

Banyaknya media sosial membuat banyak orang berlomba-lomba mengabadikan momen abadi mereka dan kemudian menggunggahnya di media sosial. Hal ini tentunya bisa membawa dampak yang positif bagi anda yang ingin memulai berbisnis. Salah satunya dengan membuka jasa penyewaan kamera.

Memang banyak handphone yang menyediakan kamera yang sudah mumpuni namun tetap saja berbeda hasilnya dengan menggunakan kamera dengan lensa yang bagus seperti kamera DSLR. Kamera DSLR sendiri seperti yang kita tahu menghasilkan hasil foto yang bagus bahkan bisa memfoto objek yang jauh sekalipun atau yang sekecil apapun.

Kendati demikian pada umumnya orang akan lebih memilih handphone dibandingkan membeli kamera. Pasalnya selain memiliki harga yang cukup tinggi, juga kebutuhan akan kamera tersebut tentu tidak dibutuhkan setiap hari.
Padahal, pada beberapa momen seperti pesta pernikahan, ulang tahun, dan berbagai acara keluarga biasanya setiap orang membutuhkan kamera.Oleh karena itu beberapa orang untuk mendapatkan berbagai momen tersebut, biasanya lebih memilih untuk menyewa berbagai peralatan foto dibandingkan dengan membelinya.

Berbagai kebutuhan tersebut, tentu adalah salah satu peluang usaha yang tentu sangat menjanjikan. Pasalnya selain Anda hanya membutuhkan modal satu kali dan perawatannya. Tentu juga diimbangi dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. Nah, jika anda berminat untuk membuka usaha penyewaan kamera yang sangat menguntungkan ini, anda bisa memperhatikan tips berikut ini.

Tips Sukses Memulai Bisnis Sewa Peralatan Fotografi

1. Perhitungkan Modal Anda

Anda tak perlu khawatir, untuk membuka jasa penyewaan kamera ini. anda tak akan membutuhkan modal yang besar. Yang paling utama pastilah kamera DSLR itu sendiri. Kamera DSLR memiliki harga sekitar 4-6 juta rupiah. Kemudian anda juga bisa menyiapkan peralatan tambahan penunjang kamera tersebut misalnya seperti mencar jual kamera mirrorless , tripod, lensa, lighting, dan lain sebagainya . Usahakan jika anda mempunyai modal yang cukup, anda harus mempunyai kamera lebih dari satu. Karena jika banyak konsumen, anda tidak akan kebingungan.

2. Promosi Yang Tepat

Berbisnis bukan saja hanya selalu mengandalkan modal yang besar. Promosi yang tepat juga bisa menguntungkan sebuah bisnis. Untuk bisnis penyewaan kamera ini, anda membutuhkan promosi yang harus benar. Untuk bisnis ini sebenarnya anda tak membutuhkan tempat karena anda bukan akan berbisnis studio foto. Untuk itu anda bisa melakukan promosi jasa penyewaan kamera ini melalui media sosial. Jangan lupa cantumkan berapa harga sekali pemakaian kamera. Sesuaikan harga dengan berapa lama mereka akan meminjam kamera tersebut.

3. Minta Data Konsumen

Karena anda menawarkan jasa penyewaan kamera maka anda harus bisa menjaga kamera yang disewakan. seperti yang kita tahu jika harga kamera DSLR tidaklah murah, maka jangan sampai anda tertipu dengan konsumen gadungan. Ketika konsumen akan menyewa kamera anda, maka anda harus meminta data mereka seperti fotopi ktp kemudian mintalah alamat tinggal mereka sekarang dan tentu saja nomer telepon mereka yang sekarang.

Anda juga bisa meminta pin BBM mereka jika mereka punya agar kamera anda aman. Dengan meminta data ini maka jika kamera yang disewakan rusak dan sebagainya, anda bisa menghubungi konsumen tersebut untuk membahas hal ini.

Memulai usaha sewa peralatan fotografi, tentu sangat menggiurkan. Kendati demikian tentu Anda juga harus mengetahui berbagai seluk-beluk mulai dari memilih toko kamera online terpercaya yang menjual berbagai kebutuhan bisnis Anda seperti tokopedia.

Read More :  Memulai Bisnis Di Usia Muda! Ini Alasannya
Advertisement

Check Also

Ide Bisnis Rumahan Modal Ringan Dan Tips Sukses Mengembangkannya

Trend menjadi pebisnis memang sedang marak untuk saat ini. Hal ini memicu semakin bertumbuhnya dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *