Home / Bisnis Kuliner / Bisnis Kuliner – Mereguk Manisnya Bisnis Es Buah

Bisnis Kuliner – Mereguk Manisnya Bisnis Es Buah

Advertisement

Rasa es buah memang manis dan menyegarkan, demikian juga bisnisnya yang berpotensi laris manis. Yup! Bisnis es buah merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Serunya lagi usaha ini tak membutuhkan modal yang besar, tetapi justru dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Bisnis es buah dapat dimulai dari mana pun. Pembuatannya dapat dilakukan di rumah, tak perlu menyewa tempat khusus. Resep es buah ini ada beraneka ragam. Biasanya bahan-bahan utamanya terdiri dari buah-buahan segar, ketan hitam, tapai, es serut, susu kental manis dan sirup. Kehadiran buah-buahan yang alami tentunya membuat es buah ini baik untuk kesehatan tubuh.

Jika sanggup membuat es buah dengan rasa yang nikmat, tak mustahil bila bisnis es buah Anda yang semula hanya usaha rumahan ibu rumah tangga saja menjadi restoran terkenal dengan cabang yang banyak. Salah satu contohnya adalah restoran yang menyandang nama “Es Teler”. Tentu saja hidangan yang disajikan tak hanya es buah, tetapi berbagai makanan utama lainnya.

Bisnis Kuliner - Mereguk Manisnya Bisnis Es Buah

Resep Es Buah

Demi membuat es buah yang enak ini tentu tak bisa sembarangan. Bahan baku yang digunakan harus berkualitas. Air dengan rasa manis yang segar tak bisa hanya sekedar mengandalkan gula saja. Tetapi harus memiliki racikan yang tepat antara daun pandan, madu dan vanli.

Perlu diingat untuk tidak membubuhkan madu ketika air sedang dimasak di atas kompor. Sebab madu mudah rusak dalam suhu yang tinggi. Setelah campuran air gula masak, Anda harus menunggu dahulu hingga air tersebut hangat, baru tambahkan madu.

Read More :  Peluang Bisnis Kuliner Yang Bisa Digeluti Anak Muda

Komposisi air gula yang tepat menggunakan rasio air dan gula 1:4. Misalnya dengan mencampurkan 1 liter air dengan 4 kg gula pasir, maka akan dihasilkan 4 liter air gula. Demikian pula saat membuat jus buah atau kaldu. Cairan tak bisa menggunakan air biasa, harus air gula. Pencampuran air biasa akan mengakibatkan sari buah berkurang dan racikan es buah menjadi encer.

Potongan Buah-Buahan

Memotong buah pun tak bisa sembarangan. Jika irisan terlalu besar dan tak berbentuk, tentu tak menggiurkan. Sebaiknya potong buah dengan bentuk yang mungil, bisa juga menggunakan pengeruk buah yang membentuk buah menjadi bulat-bulat atau seperti gulungan. Susun potongan-potongan tersebut dengan rapi agar tampak menarik. Anda bisa juga membuat strategi penyusunan berdasarkan jenis buah.

Contoh susunan buah antara lain adalah dengan meletakkan potongan melon pada dasar mangkuk es buah. Kemudian menyusul potongan jambu air, mangga, alpukat dan buah-buahan lainnya. Tempatkan buah yang terlihat cantik di posisi paling atas, misalnya anggur, cherry atau stroberi.

Dengan model penyusunan yang rapi tersebut maka dapat membentuk gradasi warna yang cantik. Kemudian siram susunan buah tersebut dengan kaldu atau air gula.

Kendala Bisnis Es Buah

Setiap bisnis pasti memiliki risiko. Salah satu risiko dari usaha ini adalah  penurunan penjualan jika musim hujan. Biasanya jajanan yang hangat akan lebih laris ketika musim hujan, karena orang merasa dingin dan butuh kehangatan.

Read More :  Peluang Bisnis Keripik Buah Mangga & Cara Pengembanganya

Nah, di saat seperti ini, Anda bisa saja mengalihkan bisnis sementara ke jenis minuman yang lain, seperti bajigur atau bandrek. Ketika musim panas tiba, kembali lagi ke usaha es buah. Atau bisa juga tetap menjual es buah dengan jumlah sedikit, dengan mengkombinasikannya dengan minuman hangat.

Pastikan Anda mengamati prakiraan cuaca terlebih dahulu sebelum menyiapkan barang dagangan. Demikianlah seluk beluk bisnis es buah skala rumah tangga. Selamat mencoba ya!

Advertisement

Check Also

Peluang Usaha Juice dan Aneka Minuman

Perkembangan bisnis kuliner yang terus meningkat, tentu adalah salah satu hal yang perlu kita perhatikan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *