Home / Tips Bisnis / 6 Tips Mengatur Keuangan Anda Dengan Baik

6 Tips Mengatur Keuangan Anda Dengan Baik

Advertisement

Hemat pangkal kaya, kata-kata ini mengajak kita untuk berhemat agar kondisi keuangan kita membaik. Kebanyak orang merasa tidak cukup dengan penghasilan perbulannya, padahal penghasilannya bisa dikatakan cukup bahkan sudah besar. Namun sering juga merasa kurang, apalagi di akhir bulan. Mengapa penghasilan kita selalu kurang bahkan habis sebelum tanggal tua?

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan 6 tips mengatur keuangan anda dengan baik agar bisa merasa cukup, dan jika anda sudah berhasil menjalankan beberapa tips mengatur keuangan ini, maka kami rasanya keuangan anda akan membaik.

Tips mengatur keuangan ini kami kutip dari berbagai sumber dan merupakan cara orang-orang terkaya di dunia mengatur keuangannya, salah satunya adalah pengusaha dari Asia yang sudah sukses menerapkan prinsip ini semenjak masih muda, dan pada saat itu penghasilnya masih kecil. Berikut ini beberapa tips mengatur keuangan anda dengan baik :

1. 10% Untuk Kegiatan sosial

Kegiatan social itu sangat perlu, jangan sampai anda jauh dari kegiatan social. Oleh karena itu anda sebaiknya harus menyisihkan sebagian dari penghasilan perbulan untuk keperluan kegiatan social, yaitu 10 % untuk kegiatan social. Seperti, mentraktir teman, mungkin ada sebagian orang yang berkata “Apa sih keuntungan mentraktir teman?

Nah, tetapi kegiatan social seperti ini sangat baik untuk perkembangan hidup anda, salah satunya adalah untuk menarik teman sebanyak-banyaknya. Keuntungan dari mempunyai teman yang banyak adalah bisa menguatkan jaringan bisnis anda.

Read More :  Info Peluang Usaha Waralaba Atau Franchise Dengan Modal Kecil

Meskipun sekarang belum mempunyai bisnis, tapi siapa yang tahu nasib seseorang. Mungkin suatu saat anda mempuyai bisnis dan menjadi pengusaha, dari sekian banyak teman bisa membantu anda dalam melancarkan bisnis.

2. 35 % Untuk Kebutuhan

Seperti yang sudah dikatakan pada awal artikel ini, yaitu hemat pangkal kaya. Ingin anda keuangan membaik? Ya, hemat kuncinya. Artinya gunakan uang anda dengan tepat sesuai yang dibutuhkan bukan menuruti keinginan semata. Cukup menyisihkan 35 % dari penghasilan untuk kebutuhan hidup seperti makan, sandang, dan yang lainnya.

3. 10 % Untuk Pengetahuan

Ilmu pengetahuan sangat penting untuk perkembangan pribadi anda, mulai dari perkembangan karir, bisnis. Sebab ada pepata yang mengatakan “tuntutlah ilmu hingga ke negeri cina” dan ada juga yang lain “ Tuntutlah ilmu dari ayunan hingga liang lahat”. Artinya apa? Ilmu itu sangat penting dan mencari ilmu itu tidak ada batasnya.

Sebaiknya anda harus menyisihkan 10% dari penghasilan untuk pengembangan pengetahuan anda, seperti jika anda seorang IT, maka anda harus membeli buka tentang IT. Jika anda seorang petani maka anda harus mencari informasi atau membeli buku tentang pertanian yang modern, dan juga yang lainnya. Sehingga ilmu pengetahuan kita terus bertambah dari hari ke hari.

4. 15 % Untuk Investasi

Jangan lupa untuk menginvestasikan 30 % dari penghasilan anda. Sebab tidak ada satu orang pun yang tahu nasibnya kedepan, kita itu hanya bisa berencana yang terbaik untuk masa depan, baik itu untuk kita sendiri ataupun untuk keluarga. Apalagi jika anda seorang karyawan, investasi sangatlah penting.

Read More :  8 Tips Agar Rumah Anda Terjual Cepat

5. 20 % untuk Bersedekah

Sebagian dari harta kita ada milik harta orang lain. Sedekah dengan iklas dengan mengharapkan ridha tuhan akan membawa kebaikan untuk kita. Dan setiap agama pasti menganjurkan untuk bersedakah, oleh karena itu, sebaiknya sisihkan 20 % dari penghasilan anda untuk sedekah.

6. 10 % Untuk Petualangan

Tubuh kita membutuhkan terapi rohani, salah satunya adalah melihat keindahan dengan bertualang atau berwisata, sekedar untuk melepas penat dan menghilangkan stress dari pekerjaan sehari-hari. Jika anda tidak mempunyai modal yang cukup untuk berwisata atau bertualang, maka sebaiknya anda bisa menabung dengan menyisihkan 10 % dari penghasilan. Jika merasa sudah cukup uang tersebut bisa anda manfaatkan untuk bertualang atau berwisata dengan keluarga tercinta.

Nah, itulah 6 tips mengatur keuangan dengan baik. Meskipun anda berpenghasilan besar, jika anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, maka anda tidak akan merasa cukup, apalagi jika anda seorang karyawan kantoran atau seorang PNS.

Advertisement

Check Also

Hal Penting Ketika Memulai Bisnis Rumah Bersalin Untuk Kelahiran Bayi

Memiliki profesi yang mampu menolong ibu hamil untuk proses kelahiran agar terhindar dari berbagai hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *