Home / Bisnis Kuliner / 5 Jenis Bisnis Kuliner Memanfaatkan Pariwisata Bukittinggi

5 Jenis Bisnis Kuliner Memanfaatkan Pariwisata Bukittinggi

Advertisement

Saat ini, industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang sudah menjadi lifestyle bagi banyak masyarakat modern. Tidak heran jika pariwisata kemudian menjadi salah satu sektor andalan kota Bukittinggi. Banyaknya obyek wisata yang menarik membuat kota Bukittinggi mendapat julukan sebagai Kota Wisata.

Pada tahun 2012 tercatat bahwa sebanyak 29.629 turis (baik domestik maupun mancanegara) telah mengunjungi kita Bukittinggi. Hal ini mendorong perkembangan Hotel di Bukittinggi untuk mengembangkan diri. Sedikitnya ada kurang lebih 15 biro perjalanan dan 60 hotel di bukittinggi, seperti Hotel Pusako, The Hills, dan Grand Rocky Hotel.

Selain hotel, Bukittinggi juga terkenal di masyarakat dengan obyek wisata Ngarai Sianok-nya. Pengunjung dapat melihat keindahan Ngarai Sianok melalui Taman Panorama yang terletak di dalam kota Bukittinggi. Ada juga Ngarai Sianok, Taman Bundo Kanduang, Benteng Fort de Kock, dan Kebun Binatang di Bukittinggi.

Meskipun berlimpah tempat wisata, namun ternyata di Kota Bukittinggi belum mengimbangi potensi pariwisatanya dengan wisata kuliner. Hal ini sebenarnya mengindikasikan terbukanya peluang bisnis untuk masyarakat sekitar maupun pelaku bisnis yang lain untuk dapat mendirikan bisnis kuliner.

Berikut 5 Jenis Bisnis Kuliner Di Kota Wisata Bukittinggi

  1. Makanan Ringan/Snack/Camilan

Makanan ringan sangat dekat kaitanya dengan kegiatan piknik dan wisata, Maka sebagai langkah awal tidak ada salahnya Anda mencoba untuk membuka bisnis makanan kecil seperti keripik, kue kering, maupun jenis snack lainnya. Cari ide yang unik dan menarik minat wisatawan, serta manfaatkan momen-momen seperti hari raya Idul Fitri atau libur Natal untuk meningkatkan omset Anda.

  1. Minuman Segar atau Jus
Read More :  Bingung Memilih BBM? Kenali Perbedaan Premium, Pertalite Dan Pertamax

Selain makanan kecil, bisnis minuman juga bisa dibilang tidak pernah sepi pembeli. Anda bisa membidik sasaran pasar di kalangan mahasiswa atau para remaja dengan sedikit berinovasi dengan minuman atau jus yang anda kuasai. Buatlah hal-hal pendukung seperti nama minuman, wadah, rasa, dan hal-hal lain sekreatif mungkin.

  1. Gorengan

Masyarakat Indonesia sangat lekat dengan jenis makanan yang satu ini. Lagi-lagi, kuncinya dalah inovasi dan kreatifitas agar menarik perhatian pecinta wisata kuliner

  1. Catering Rumahan

Bisnis katering rumahan sebenarnya tidak membutuhkan terlalu banyak biaya, sebab anda bisa menggunakan alat memasak sendiri dan biaya belanja bahan baku dari uang DP pemesan. Anda bisa mulai menjalin kerjasama dengan hotel-hotel di Bukittinggi. Daftar hotelnya bisa anda lihat di Traveloka.com

  1. Warung Tenda Harga Mahasiswa dan Karyawan

Makanan yang enak dan harga yang murah jelas akan menarik minat banyak konsumen. Anda cukup mencari tempat yang strategis, dekat dengan konsumen, dan menyediakan aneka makanan. Warung tenda seperti ini juga cocok untuk para wisatawan yang melakukan backpacking lho.

Mmm… Bagaimana menurut Anda? Tertarikah untuk melirik peluang bisnis kuliner di kota wisata bukittinggi ini!!! Silahkan diperhitungkan. Semoga bermanfaat. 🙂

Advertisement

Check Also

Melirik Peluang Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Bermodal Kecil

Saat ini, usaha kuliner sedang banyak dilirik. Dari usaha makanan rumahan hingga usaha franchise, semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *