Home / Tips Bisnis / 3 Strategi Usaha Rental Film (Rental VCD/DVD)

3 Strategi Usaha Rental Film (Rental VCD/DVD)

Advertisement

Meskipun nonton online kini menjadi pilihan yang cepat dan mudah ketika hendak melihat sebuah film atau video, bukan berarti peluang usaha rental VCD dan DVD menjadi tertutup sama sekali. Tetapi malah sebaliknya, peluang usaha persewaan VDD dan DVD tetap bisa maju dan berkembang. Sebagaimana pepatah, selalu ada peluang dibalik segala hal.

Setidaknya, di banding dengan menonton online, nonton melalui VCD dan DVD jauh lebih berkualitas. Dari segi gambar yang ditampilkan, kenyamanan ketika di putar, dan ada beberapa alasan utama lainya. Yang terpenting adalah kenyataan bahwa memutar film melalui VDD asli tidaklah melanggar ketentuan hukum. Berbeda dengan nonton secara online yang belum diketahui secara pasti bagaimana situs tersebut mendapatkan filmnya. Legalkah atau tidak. Jadi, ini tentu merupakan penghargaan tertinggi bagi para kreator film.

Strategi Bisnis Rental VCD/DVD

Tak dapat disangkal bahwa kini ada banyak sekali usaha rental DVD/VCD yang gulung tikar. Padahal dalam kondisi sebaliknya, industri perfilman dan musik di tanah air sedang melambung tinggi. Lalu mengapa kondisi para pebisnis yang menyewakan VCD dan DVD justru sebaliknya. Setidaknya ada beberapa alasan utama yang menjadikan para pebisnis persewaan VCD/DVD gulung tikar. Berikut penyebab utama sekaligus strategi untuk mengatasinya:

  1. Persaingan dengan Industri Nonton Online

Dibalik kemajuan teknologi internet, sudah pasti ada beberapa sektor yang bakal tergantikan atau beralih ke dalam internet. Sektor yang dulunya offline kini banyak yang beralih menjadi online. Sama juga dengan film, dulu untuk menonton film harus dilakukan dengan beberapa cara, yakni membeli atau menyewa DVD/VCD dulu, menonton langsung ke bioskop, atau menunggu film tersebut tayang di Tv .

Read More :  Bisnis Rental Mobil Meningkat Menjelang Relabaran

Tetapi kini, di era internet semuanya jadi serba mudah dan cepat. Untuk menonton film, kita hanya butuh koneksi internet. Buka internet dan semua bisa di tonton. Dari yang berbayar hingga yang gratisan. Apakah dengan begitu usaha rental VCD/DVD sudah tidak ada peluang lagi?

Jawabanya tentu tergantung. Kalau kamu bisa baca peluang tentu jawabanya tidak, tetapi kalau kamu orang yang tak punya keahlian. Bisa jadi iya. Kebanyakan orang yang benar-benar menyukai sebuah film, lebih suka menonton film melalui DVD. Itu fakta yang tak bisa lagi diubah. Sebab orang yang suka film biasanya memiliki tingkat penghargaan yang luar biasa pada pembuatan film. Lagi pula, menonton film melalui DVD jauh lebih mudah dan nyaman sebenarnya.

  1. Bersaing dengan VCD dan DVD bajakan yang dijual murah

Memang benar, jika calon pelanggan kamu orang yang gemar melanggar hukum. Kamu pasti bakal berfikir demikian. Kalau persewaan DVD/VCD kan harus yang asli. Biayanya mahal. Lebih murah beli VCD/DVD bajakan. Ongkos sewanya juga setara dengan beli bajakan.

Tetapi apakah kamu berfikir demikian?

Berfikir memilih pelanggan yang suka melanggar hukum. Barang kali tidak. Dan kamu harus ingat, banyak orang diluar sana yang menghargai karya anak bangsa dengan menggunakan yang tidak bajakan. Alias asli.

  1. Strategi Usaha Salah

Sudah kamu pikirkan dimana bakal kamu bangun rental DVD? Bagaimana konsep ruangan yang bakal kamu terapkan? Strategi persewaan semacam apa yang akan kamu gunakan? Apa saja benda yang bakal kamu taruh di ruang persewaan? Strategi promosi seperti apa yang kamu pikir efektif?

Read More :  Peluang Bisnis Rental Sepeda Holiday Dikota Wisata

Nah itu harus kamu jawab terlebih dahulu. Beberapa artikel tentang rental VCD/DVD mungkin sudah membahasnya. Jadi tidak dibahas di sini. Itulah, 3 hal pokok sekaligus jadi kesalahan dan startegi dalam menjalankan usaha rental DVD/VCD. Jangan takut kalah saing dengan yang nonton online. Daya kerativitas dibutuhkan untuk usaha yang bergerak dalam bidang kraetif. Ingat, rental VCD/DVD bukan hanya sekadar sewa jasa atau barang saja.

Advertisement

Check Also

Tips Bisnis Sewa Peralatan Fotografi

Banyaknya media sosial membuat banyak orang berlomba-lomba mengabadikan momen abadi mereka dan kemudian menggunggahnya di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *